PAN bantah sudah terbitkan rekomendasi paslon di Pilkada Kalteng

id kalimantan tengah,kalteng,pilkada kalteng,pengurus PAN,PAN Kalteng,Bendahara PAN Kalteng,Tommy Irawan Diran

PAN bantah sudah terbitkan rekomendasi paslon di Pilkada Kalteng

Bendahara DPW PAN Kalteng Tommy Irawan Diran. ANTARA/Jaya W Manurung

Palangka Raya (ANTARA) - Bendahara Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional Kalimantan Tengah Tommy Irawan Diran membantah, bahwa DPP sampai sekarang ini sudah ada menerbitkan rekomendasi kepada pasangan calon manapun yang akan maju di pemilihan kepala daerah Provinsi Kalteng tahun 2020.

DPW Kalteng beberapa pekan lalu masih fokus menunggu adanya surat keputusan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia terkait kepengurusan DPP PAN untuk periode 2020-2025, kata Tommy di Palangka Raya, Selasa.

"Karena fokus menunggu itu, kami belum mengarah ke rekomendasi Paslon mana yang diusung di Pilkada Kalteng. DPP PAN pun sampai sekarang ini tidak ada menerbitkan rekomendasi itu," tambahnya.

Pria yang merupakan Anggota DPRD Kalteng itu pun tidak mempermasalahkan apabila ada orang atau kelompok tertentu mengklaim sudah mendapat rekomendasi dari PAN. Sebab, menurut dia, dalam politik hal itu biasa terjadi.

"Jangankan untuk rekomendasi, pengerucutan terhadap nama siapa yang bakal diusung PAN di Pilkada Kalteng pun sampai saat ini belum. Kami di DPW masih menunggu keputusan dari DPP PAN terkait siapa yang bakal diusung di Pilkada Kalteng," kata Tommy.

Baca juga: Willy M Yoseph nyatakan 'maju' di Pilkada Kalteng 2020

Dia pun memastikan bahwa lima bakal calon Gubernur Kalteng mendaftar ke PAN yakni Abdul Razak, Sugianto Sabran, Nadalsyah, Ferdie M Yoseph dan Ben Brahim S Bahat, memiliki peluang yang sama untuk diusung di Pilkada Kalteng.

Bahkan empat bakal calon wakil Gubernur yang sudah mendaftar ke DPW PAN yakni Habib Said Ismail Bin Yahya, Marukan, Suel dan Habib Said Abdul Saleh, juga masih memiliki peluang untuk diusung.

"Semua nama itu kan kami serahkan ke DPP PAN. Sampai saat ini nama-nama itu masih dikaji DPP sebelum menerbitkan rekomendasi. Intinya, sampai sekarang ini kami dari PAN belum ada menerbitkan rekomendasi terkait Pilkada Kalteng," demikian Tommy.

Pada Pilkada Kalteng 2020 mendatang, banyak nama yang muncul ke publik serta berpotensi maju dan bersaing, baik sebagai calon gubernur maupun calon wakil gubernur. Mulai dari Riban Satia, yakni petahana Sugianto Sabran, Abdul Razak, Nadalsyah, Ben Brahim, Sigit K Yunianto, Habib Ismail bin Yahya, Marukan, dan lainnya.

Baca juga: Harapkan pemimpin berkualitas, Vox Point Kalteng siap kritis di pilkada

Baca juga: KPU Kalteng kurangi jumlah TPS pada Pilkada 2020

Baca juga: Teras Narang ajak masyarakat Kalteng lawan politik uang saat pilkada