Sebagian hotel dan tempat belanja di Sampit pilih tutup sementara

id Sebagian hotel dan tempat belanja di Sampit pilih tutup sementara,Pemkab Kotim, Fajrurrahman, Kotim, Kotawaringin Timur, Sampit, virus Corona, COVID-1

Sebagian hotel dan tempat belanja di Sampit pilih tutup sementara

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotawaringin Timur Fajrurrahman saat menghadiri Pekan Kreatif Karang Taruna Kotim 2019 lalu. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Sejumlah hotel dan pusat perbelanjaan modern di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah memilih menutup tempat usaha mereka sementara waktu untuk mendukung upaya pemerintah mencegah dan menanggulangi pandemi virus Corona jenis COVID-19.

"Hotel yang sudah menginformasikan kepada kami itu adalah Hotel Aquarius. Mereka mengumumkan tutup sementara. Selain itu juga ada beberapa tempat perbelanjaan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotawaringin Timur Fajrurrahman di Sampit, Rabu.

Hotel Aquarius merupakan hotel terbesar yang ada di Kotawaringin Timur. Hotel yang terletak di Jalan Sudirman ini juga dilengkapi tempat hiburan.

Pihak manajemen mengumumkan bahwa Aquarius Boutique Hotel Sampit ditutup sementara mulai 1 April 2020 hingga batas waktu yang akan ditentukan kemudian. Kebijakan itu untuk mendukung imbauan pemerintah dan turut mencegah penyebaran COVID-19 serta demi keamanan dan memberi rasa nyaman kepada masyarakat, tamu dan karyawan.

Manajemen hotel berharap wabah virus mematikan ini segera berlalu sehingga masyarakat bisa kembali beraktivitas dengan normal. Bersamaan itu pula nantinya hotel juga diharapkan bisa dibuka kembali.

Fajrurrahman mengapresiasi kebijakan manajemen hotel untuk menutup hotel mereka sementara waktu. Langkah ini dinilai sudah tepat sebagai upaya pencegahan demi kebaikan bersama.

"Hotel dan tempat perbelanjaan kan banyak didatangi tamu atau pengunjung, sementara salah satu cara memutus mata rantai COVID-19 ini adalah menghindari kerumunan warga. Jadi, keputusan untuk tutup sementara ini sudah tepat," kata Fajrurrahman.

Baca juga: Pemkab Kotim siapkan bantuan sembako untuk warga miskin terdampak COVID-19

Selain hotel, Citimall Sampit yang merupakan mal terbesar di Kalimantan Tengah juga mengumumkan bahwa sejumlah penyewa di mal mereka tutup untuk sementara waktu.

Namun, beberapa penyewa di mal ini tetap buka melayani masyarakat seperti tempat penjualan kebutuhan rumah tangga dan kuliner. Untuk menyiasati kondisi saat ini, ada penjual makanan yang menawarkan jasa antar pesanan secara gratis sehingga pembeli tidak perlu ke luar rumah.

Sementara itu, semua objek wisata yang dikelola pemerintah di daerah juga masih ditutup, seperti ikon Jelawat, Taman Kota Sampit, Museum Kayu, penyewaan pondok di Pantai Ujung Pandaran dan lainnya.

"Mudah-mudahan wabah ini segera berlalu. Saat seperti ini, prioritas kita adalah keselamatan masyarakat. Soal dampak ekonomi, itu juga tetap menjadi perhatian pemerintah," demikian Fajrurrahman.

Baca juga: Kotim rencanakan pemeriksaan cepat COVID-19 secara massal

Baca juga: Begini penjelasan penularan COVID-19 dari individu tanpa gejala