PDP yang meninggal di RSUD Doris Sylvanus positif COVID-19

id Kalimantan Tengah,Kalteng,Kabupaten Kapuas,Kapuas,pasien positif COVID-19,COVID-19

PDP yang meninggal di RSUD Doris Sylvanus positif COVID-19

Ilustrasi - Corona virus (ANTARA/Shutterstock)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Anggota Bidang Humas, Informasi dan Komunikasi Tim Satuan Tugas COVID-19 Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah,  dr Try Setya Utami membenarkan seorang Pasien Dalam Pengawasan yang meninggal di Rumah Sakit Doris Sylvanus, Rabu (8/4/2020), merupakan warga Kecamatan Basarang dan telah dinyatakan positif terkena virus corona atau COVID-19.

"Tadi sore kami mendapat kabar dari surveilans Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng bahwa pasien PDP dari Basarang yang meninggal 8 April 2020 jam 23.00 WIB kemarin, hasil lab positif COVID," kata dr Try melalui pesan WhatsApp di Kapuas, Kamis 

Terhadap riwayat kontak erat, lanjutnya, yakni keluarga serumah, teman seperjalanan,  termasuk petugas kesehatan akan diisolasi dan diperiksa. Pemantauan kesehatan dilakukan selama 14 hari sejak kontak terakhir dengan almarhum tersebut.

Dikatakannya, bahwa pasien PDP tersebut rujuk pada tanggal 1 April 2020 lalu, yang dirujuk pada malam hari ke RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya. Di Doris Sylvanus sudah dilakukan pemeriksaan spesimen dan dikirim ke laboratorium rujukan.

Untuk PDP COVID-19 sendiri, riwatyat perjalanan ikut rombongan Ijtima Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Acara pusatnya di Gowa. Ada yang belum sampai Gowa. Tapi baru sampai Makasar, sudah dipulangkan karena acara dibubarkan.

Baca juga: PDP meninggal di RSUD Doris Sylvanus, hasil tes belum keluar

“Menurut informasi dari surveilans mengkompirmasikan bahwa beliau (PDP) tidak sampai ikuti ke Gowa. Jadi beliau hanya sampai di Makassar saja,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatikan Kabupaten Kapuas, Junaidi, menambahkan.

Berdasarkan data untuk saat ini, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada sebanyak 17 orang, terdiri dari Kecamatan Kapuas Hulu 4 orang, Kecamatan Tamban Catur 4 orang, Kecamatan Kapuas Tengah 2 orang, Kecamatan Selat 2 orang, Kecamatan Basarang, Dadahup, Kapuas Barat, Kapuas Kuala dan Timpah masing-masing 1 orang.

Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) masih nol. Semntara untuk jumlah yang terpapar COVID-19 di Kabupaten Kapuas, positif satu orang, sembuh nol, dan meninggal dunia satu orang.

Baca juga: Kesaksian pasien sembuh corona: Jangan stres dan tetap tenang

Baca juga: Sudah 10 perawat wafat setelah bertugas rawat pasien corona