Pasien RSJ di Kalteng ada yang ikuti tes swab

id Rsj kalawa atei, kalawa atei, rumah sakit jiwa, tes swab, virus corona, covid 19, skrining kesehatan, rsud doris sylvanys, kalteng, kalimantan tengah

Pasien RSJ di Kalteng ada yang ikuti tes swab

Ilustrasi tes swab. ANTARA FOTO/REUTERS/Lucas Jackson/aww/cfo

Palangka Raya (ANTARA) - Sebanyak dua orang pasien Rumah Sakit Jiwa Kalawa Atei, Kalimantan Tengah dilakukan tes swab guna memastikan kesehatan mereka.

"Ada dua pasien yang sedang batuk-batuk, jadi sebagai langkah antisipasi, kami putuskan selain diperiksa mereka juga dilakukan tes swab," kata Pelaksana Tugas Direktur RSJ Kalawa Atei Theodorus Sapta Atmadja di Palangka Raya, Kamis.

Ia menegaskan, langkah tersebut merupakan antisipasi mencegah berbagai kemungkinan. Adapun hasilnya yakni untuk satu orang adalah negatif, dan satunya lagi masih menunggu.

Hingga saat ini protokol kesehatan juga dilaksanakan secara ketat, utamanya terhadap pasien rawat jalan dan pengunjung yang diharuskan melalui skrining kesehatan, sebagai antisipasi penyebaran COVID-19.

"Sampai sekarang belum ada pasien terindikasi atau yang mengarah ke COVID-19. Sedangkan yang kami lakukan itu, hanya sebagai antisipasi saja dan hasilnya pun negatif. Saya juga menegaskan kondisi RSJ aman dan kondusif," jelasnya.

Selain sebagai Plt Direktur ESJ Kalawa Atei, ia juga menjabat sebagai Wakil Direktur Bidang Pendidikan dan Kemitraan RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya.

Theodorus pun menjelaskan, saat ini telah dilakukan perluasan layanan kesehatan untuk penanganan COVID-19 di RSUD Doris Sylvanus, yakni menggunakan fasilitas di Bapelkes setempat.

"Sementara ini perluasan masih di Bapelkes saja, sedangkan opsi lainnya masih belum dilakukan, apakah asrama BPSDM atau asrama haji masih akan dikaji jika nantinya memang diperlukan," ungkapnya.

Hanya saja ia menjabarkan, secara jarak maka asrama BPSDM jauh lebih dekat dan lebih memudahkan untuk melakukan koordinasi serta keperluan lainnya ke RSUD Doeis Sylvanus.