Petani di Seruyan diajak berperan aktif cegah karhutla

id Pemkab seruyan, seruyan, kuala pembuang, pertanian, ketahanan pangan, kerhutla, kebakaran hutan dan lahan

Petani di Seruyan diajak berperan aktif cegah karhutla

Pelaksana Tugas Kepala DKPP Seruyan Albidinnoor. (ANTARA/Radianor)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Seruyan, Kalimantan Tengah mendorong petani dan pekebun turut mencegah dan mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di daerah setempat.

“Petani dan pekebun kami harapkan berpartisipasi mencegah karhutla, agar Seruyan bebas asap pada 2020,” kata Pelaksana Tugas Kepala DKPP Seruyan  Albidinnoor di Kuala Pembuang, Selasa.

Ia mengatakan, pihaknya mendorong setiap desa, mengoptimalkan peran dari Kelompok Tani Peduli Api  (KTPA) yang telah terbentuk, sebagai salah satu upaya antisipasi secara maksimal.

“Setiap desa di Seruyan telah terbentuk KTPA. Peran kelompok ini harus dioptimalkan, untuk bersama-sama melakukan upaya pencegahan karhutla di wilayahnya masing-masing,” ungkapnya.

Tak kalah penting juga keterlibatan perusahaan besar swasta, khususnya perkebunan kelapa sawit diharapkan berperan membantu sarana dan prasarana untuk KTPA. Agar upaya pencegahan yang dilakukan tersebut bisa berjalan lancar dan maksimal.

Bantuan tersebut bisa diserahkan kepada KTPA pada desa binaan. Ia meyakini dengan keterlibatan berbagai pihak, upaya yang dilakukan akan berjalan dengan baik sesuai harapan bersama.

“PBS kami harapkan membantu peralatan untuk KTPA agar perannya bisa dilakukandengan baik," tuturnya.

Ia menambahkan, semua pihak harus terlibat mencegah terjadinya karhutla di Seruyan untuk kebaikan bersama, karena dampaknya sangat besar, baik untuk lingkungan maupun kesehatan.

“Banyak dampak yang akan dirasakan apabila terjadi karhutla, seperti kerusakan lingkungan hingga kesehatan karena dampak asap yang dihasilkan akibat kebakaran tersebut,” demikian Albidinnoor.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar