Sosialisasikan program baru, BPJS Kesehatan laksanakan Program Kunjungi Peserta

id bpjs kesehatan,palangka raya,muhammad masrur ridwan,BPJS Kesehatan Palangka Raya laksanakan Program Kunjungi Peserta

Sosialisasikan program baru, BPJS Kesehatan laksanakan Program Kunjungi Peserta

Petugas BPJS Kesehatan memeriksa suhu tubuh peserta JKN-KIS di Palangka Raya (ANTARA/HO)

Palangka Raya (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Palangka Raya, Kalimantan Tengah, melaksanakan Program Kunjungi Peserta untuk menyosialisasikan program terbaru Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

"Program ini dalam rangka menginformasikan program dan peraturan terbaru terkait pelaksanaan jaminan sosial terhadap para peserta," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya Muhammad Masrur Ridwan di Palangka Raya, Rabu.

Di antara sosialisasi itu terkait penyesuaian tarif bagi peserta JKN-KIS dan juga adanya subsidi yang diberikan pemerintah terhadap peserta kelas III serta kemudahan layanan bagi peserta yang ingin melakukan perubahan kelas.

Baca juga: BPJS Kesehatan nyatakan telah tuntas bayar klaim rumah sakit

Dia mengatakan acara BPJS Kesehatan Kunjungi Peserta salah satunya dilaksanakan di aula Kecamatan Pahandut yang diikuti sejumlah peserta JKN-KIS.

Pada acara itu, pihak BPJS Kesehatan juga tetap memperhatikan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19.

"Karena itu kita juga harus disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan, mulai dari menggunakan masker selama kegiatan, menjaga jarak dan melakukan pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki ruangan serta menyediakan 'hand sanitiser'," kata Masrur.

Mailaniwaty (61), salah satu peserta JKN-KIS yang ikut dalam kegiatan BPJS Kesehatan Kunjungi Peserta mengatakan dirinya mendapat informasi terkait program terbaru secara jelas dan rinci.

Baca juga: Peserta JKN-KIS menunggak dapat mengaktifkan kepesertaan kembali

Di sisi lain dia mengatakan bahwa selama pelaksanaan acara protokol kesehatan terus diterapkan. Selain sebagai antisipasi penularan COVID-19, pelaksanaan protokol kesehatan juga sebagai upaya melindungi pemateri dan peserta BPJS Kunjungi Peserta.

"Penerapan protokol kesehatan memang harus dilakukan. Dengan dilakukannya pengecekan secara disiplin, peserta yang ikut juga merasa lebih tenang. Saya rasa hal seperti ini bisa mengurangi risiko penularan virus Corona. Intinya kita harus saling menjaga agar sama-sama aman dan tidak tertular virus itu," kata Mailaniwaty.


Baca juga: Relaksasi tunggakan iuran agar kepesertaan JKN-KIS tetap aktif di masa pandemi COVID-19

Baca juga: Sanksi bagi penunggak iuran JKN sedang digodok pemerintah

Baca juga: BPJS: Penyesuaian iuran bertujuan untuk kesinambungan program jaminan kesehatan

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar