Akui terjangkit COVID-19, Wabup Kobar malah cemaskan masyarakatnya

id Akui positif terjangkit COVID-19, Wabup Kobar malah cemaskan masyarakatnya, kobar, Kotawaringin Barat, Wabup Kobar, Ahmadi Riansyah, pangkalan Bun, vi

Akui terjangkit COVID-19, Wabup Kobar malah cemaskan masyarakatnya

Tangkapan layar video Wakil Bupati Kotawaringin Barat Ahmadi Riansyah dalam akun media sosial pribadinya saat menginformasikan dirinya positif COVID-19, Rabu malam (22/7/2020). ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Pangkalan Bun (ANTARA) - Kebesaran hati ditunjukkan Wakil Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Ahmadi Riansyah yang mengakui dirinya positif terjangkit COVID-19, malah dia justru mencemaskan sekaligus mengedukasi masyarakatnya agar terhindar dari penularan virus mematikan itu.

Melalui sebuah rekaman video berdurasi tiga menit 17 detik yang diunggahnya ke akun pribadi media sosialnya, Ahmadi menginformasikan bahwa hasil tes swab menunjukkan dirinya positif COVID-19 dan harus menjalani isolasi.


"Malam ini saya baru saja mendapat informasi hasil pemeriksaan PCR sampel swab yang dilakukan pada tanggal 21 Juli 2020 kemarin. Berdasarkan hasil sampel tersebut saya terkonfirmasi positif COVID-19," ungkap Ahmadi, Rabu malam.

Saat dihubungi melalui sambungan telepon, Ahmadi menyebutkan, pengakuan secara langsung yang dilakukannya tersebut adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, bahwa COVID-19 bukanlah sebuah aib yang harus ditutupi.

"Pasien positif beserta keluarga tak harus dikucilkan, tak harus menjadi pergunjingan, melainkan harus diberikan semangat serta diberikan doa agar dapat segera sembuh," ucap Ahmadi.

Dikatakannya, COVID-19 bisa menulari siapa saja tanpa pandang bulu. Sehingga, keterbukaan informasi akan mempermudah tugas Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dalam melaksanakan langkah-langkah penanganan dan penanggulangan.

Dalam video berdurasi tiga menit 17 detik tersebut, Ahmadi menyatakan kondisinya tetap sehat, tanpa merasakan gejala. Saat ini dirinya beserta keluarga langsung melakukan isolasi mandiri di rumah.

Langkah isolasi mandiri yang dilakukannya sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) mengingat dirinya terkonfirmasi positif tanpa gejala.

Di akhir video, Ahmadi mengharapkan warga Kotawaringin Barat tidak panik dan terus menjaga kesehatan diri dengan menjaga pola hidup sehat, mematuhi protokol kesehatan serta imbauan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Selalu menggunakan masker ketika keluar rumah, mencuci tangan sebelum dan sesudah keluar rumah, menjaga jarak serta segera memeriksakan diri ketika mengetahui telah melakukan kontak dengan pasien terkonfirmasi positif.

Dia juga memohon doa masyarakat agar dirinya segera sembuh dari COVID-19 sehingga bisa kembali beraktivitas dengan baik. Dia menebar semangat dan optimisme kepada seluruh masyarakat bahwa COVID-19 bisa dicegah dengan mengikuti anjuran pemerintah menjalankan protokol kesehatan mencegah penularan COVID-19.
 

Baca juga: Kobar masuk 31 zona merah COVID-19, masyarakat diajak tingkatkan kedisiplinan

Baca juga: Polres Kobar tangkap komplotan pemalsuan surat hasil tes cepat COVID-19