16 bintara Kodim Muara Teweh ikuti pelatihan jurnalistik

id kodim 1013 muara teweh,bintara,pwi barito utara,pelatihan jurnalistik

16  bintara Kodim Muara Teweh ikuti pelatihan jurnalistik

Dandim 1013 Muara Teweh Letkol Kav Rinaldi Irawan dan Ketua PWI Barito Utara Herman foto bersama bintara peserta pelatihan jurnalistik di sekretariat PWI setempat di Muara Teweh, Selasa (11/8/2020).ANTARA/HO

Muara Teweh (ANTARA) - Sebanyak 16 personel bintara TNI AD Kodim 1013 Muara Teweh mengikuti pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Barito Utara.

"Tentara Nasional Indonesia, tugas pokoknya adalah menjaga kedaulatan negara. Tentara juga diharapkan dapat menguasai informasi dan teknologi, apalagi di era serba digital," kata Dandim 1013 Muara Teweh Letkol Kav Rinaldi Irawan membuka kegiatan di aula PWI setempat di Muara Teweh, Senin. 

Menurut dia, informasi sangat diperlukan untuk masyarakat baik kegiatan berkaitan dengan tugas pokok juga masalah pembangunan untuk mengedukasi masyarakat. 

Ke-16 bintara ini, kata dia, nantinya akan ditempatkan diseluruh Koramil di Barito Utara. Dengan ditempatkannya di wilayah kecamatan,  maka mereka harus mampu memberikan informasi yang akurat sesuai fakta di lapangan. 

"Melalui pelatihan ini, maka diharapkan semuanya bisa mengolah informasi melalui pesan maupun media informasi lainnya," katanya.

Dandim juga sangat mengapresasinya rekan PWI Barito Utara yang memfasilitasi kegiatan dan berharap kegiatan berkelanjutan,  apalagi hubungan PWI dan Kodim 1013 Muara Teweh terjalin baik selama ini. 

Ketua PWI Barito Utara  Herman mengatakan  ada beberapa materi yang disampaikan seperti pengenalan jurnalistik atau penulisan berita, kemudian jurnalis foto, pengenalan aplikasi  smartphone untuk pembuatan berita dan masalah pembelaan wartawan dalam menjalankan tugas. 

Materinya yang disampaikan masing masing bidang,  dari anggota dan pengurus PWI. Seperti Melkianus pembelaan wartawan, Kasriadi dan Ramadani pengenalan  foto jurnalistik  dan Roby Cahyadi penulisan berita dan Herman pengenalan aplikasi telepon seluler untuk pembuatan dan pengiriman berita.