Sejahterakan petani, Pemkab Seruyan sediakan Alsintan 100 unit

id Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Yulhaidir,Kalteng,Kabupaten Seruyan,Seruyan,alsintan

Sejahterakan petani, Pemkab Seruyan sediakan Alsintan 100 unit

Bupati Seruyan Yulhaidir (duduk tengah) didampingi istri dan Wakil Bupati Seruyan Iswanti (pojok kiri) saat berdiskusi dengan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Albidinnor, di Kuala Pembuang, baru-baru ini. ANTARA/Radianor.

Kuala Pembuang, Seruyan (ANTARA) - Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Yulhaidir meminta kepada instansi terkait dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian setempat agar mengadakan 100 unit alat mesin pertanian (Alsintan) untuk kesejahteraan para petani.

"Saya minta dinas terkait untuk memprogramkan 100 unit alsintan untuk meningkatkan hasil pertanian di Seruyan, sehingga diharapkan bisa swasembada pangan," kata Yulhaidir di Kuala Pembuang, Jumat.

Selain itu, ada juga aspirasi dari petani terkait alsintan untuk panen padi, karena alat tersebut di Seruyan dinilai masih kurang, sehingga masyarakat petani cukup kesulitan untuk panen. Bahkan ada petani yang melakukan secara manual, karena waktunya cukup lama menunggu mesin panen.

"Jadi, mesin panen yang ada saat ini masyarakat menggunakannya secara bergantian dan ada juga pengusaha yang membawa alat tersebut untuk di sewa sistem kontrak, jika waktu kontraknya habis mereka akan mengembalikan alat, sehingga ada masyarakat petani yang melakukan panen secara manual," ucapnya. 

Dia mengatakan program alsintan itu agar bisa direalisasikan dengan maksimal, gali aspirasi petani apa yang diharapkan mereka agar apa yang telah di programkan itu bisa tepat guna, jadi anggaran yang dikeluarkan bisa dimanfaatkan dengan baik.

Baca juga: DPRD Seruyan minta perbaikan dan peningkatan jalan yang terdampak banjir

"Harus benar-benar memilih alsintannya apa yang menjadi kebutuhan petani, sehingga dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Agar tercapainya swasembada pangan beras di Seruyan dan Kalimantan Tengah," harapnya.

Ia berpesan kepada para petani agar bisa menjaga dan merawat alsintan nanti, jangan sampai alat tersebut malah disia-siakan yang bisa cepat rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

Kita sama-sama untuk menjaga nya agar alsintan itu dapat dimanfaatkan lebih lama, terpenting jangan sampai alatnya di tukar-tukar dengan yang tidak baik, sehingga bisa membuatnya cepat rusak," demikian Yulhaidir.

Baca juga: DPRD dorong pengembangan destinasi wisata Seruyan

Baca juga: Bupati Seruyan lantik 28 pejabat struktural dan Pj Kades di Pelabuhan

Baca juga: Wabup harapkan PD-BKMT Seruyan bentengi akidah dan akhlak masyarakat