Kapolda Kalteng beri pembinaan Bhabinkamtibmas hadapi pilkada

id Kapolda Kalteng beri pembinaan Bhabinkamtibmas hadapi pilkada, Polda Kalteng, Kapolda kalteng

Kapolda Kalteng beri pembinaan Bhabinkamtibmas hadapi pilkada

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo (dua kiri) bersama pejabat utama polda setempat serta para Bhabinkamtibmas di seluruh jajaran berfoto bersama di Kota Palangka Raya, Selasa (8/9/2020). ANTARA/HO-Humas Polda Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah Irjen POl Dedi Prasetyo memberikan pembinaan dan peningkatan kemampuan kepada Bhabinkamtibmas yang berada di seluruh jajaran Polda setempat, khususnya kemampuan dalam mengamankan pemilu kepala daerah serentak 9 Desember 2020.

"Peran Bhabinkamtibmas untuk menyukseskan jalannya Pemilihan Gubernur dan Bupati sangatlah penting, sebab sedikit aja ada masalah di masyarakat mereka lah yang mengetahui lebih dahulu," kata Dedi di Palangka Raya, Selasa.

Dalam menghadapi rangkaian pilkada tersebut, jenderal berpangkat bintang dua itu mempunyai beberapa penekanan antara lain agar jajarannya menyiapkan langkah-langkah antisipasi terhadap prediksi ancaman dan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat pada tahapan pilkada.

Apabila ada terjadi hal-hal yang dapat mengganggu proses jalannya tahapan pilkada, maka mereka harus segera bergerak terlebih utama sehingga ancaman kamtibmas tersebut bisa diselesaikan.

"Berdayakan komunitas yang ada dalam masyarakat sebagai potensi keamanan swakarsa yang samapta. Kemudian, kawal dan cegah sedini mungkin agar kerawanan-kerawanan akibat dari meningkatnya dinamika kehidupan sosial ekonomi dan politik," ungkap Dedi.

Selanjutnya, Dedi menambahkan, setiap personel wajib untuk membekali diri dengan ilmu pengetahuan serta teknologi informasi. Sehingga saat melaksanakan tugas di lapangan dengan bisa dengan mudah serta profesional, modern dan terpercaya (Promoter).

"Semoga saja apa yang kita inginkan yakni pilkada yang berlangsung berjalan dengan aman, sehingga terciptanya pemilihan pemimpin yang baik serta sesuai keinginan masyarakat," bebernya.

Mantan Karobinkar SSDM Polri itu, meminta masyarakat juga ikut membantu mengamankan jalannya proses dan tahapan pilkada serentak yang akan dilaksanakan di Kalteng. Kepolisian sangat sulit untuk mengamankan hal tersebut tanpa ada bantuan dari masyarakat.

"Dengan bekerja sama dengan masyarakat, maka keamanan daerah tentunya kami nyaman dalam menjalankan tugas sesuai aturan yang berlaku," demikian Dedi.

Baca juga: Polda Kalteng terjunkan 571 personel untuk jaga KPU

Baca juga: Effendi Buhing laporkan Polda Kalteng ke Komnas HAM terkait penangkapan sewenang-wenang

Baca juga: Kapolda Kalteng pastikan beri sanksi oknum anggota Polri terlibat politik