Pemkab Kobar gencar salurkan bantuan program pemberdayaan masyarakat

id Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah,Kabupaten Kotawaringin Barat,Kobar,Bupati Kotawaringin Barat,Nurhidayah

Pemkab Kobar gencar salurkan bantuan program pemberdayaan masyarakat

Bupati Kotawaringin Barat Hj Nurhidayah saat menaburkan benih ikan di kolam pembudidaya ikan di Desa Kumpai Batu Bawah baru-baru ini. (ANTARA/Humas Pemkab Kobar)

Pangkalan Bun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, semakin gencar menyalurkan bantuan program pemberdayaan masyarakat, khususnya di sektor pertanian, agar tetap berproduksi meskipun sedang mengalami pandemi virus corona atau COVID-19.

Adapun bantuan yang telah disalurkan pemkab yakni bibit ikan lengkap dengan pakannya kepada 42 kelompok pembudidaya ikan, kata Bupati Kotawaringin Barat Nurhidayah di Pangkalan Bun, Kamis.

"Salah satunya di sektor yang menjadi perhatian adalah budidaya ikan, penguatan produksi ikan menjadi salah satu penopang bagi pemenuhan dan ketahanan pangan masyarakat," ujarnya. 

Dikatakan, bantuan tersebut dilaksanakan di tiga titik lokasi penyaluran bantuan, yaitu di Kelurahan Baru, Desa Kumpai Batu Bawah dan Desa Tanjung Terantang. Di mana puluhan pembudidaya ikan tersebut selain mendapat bantuan stimulus bibit ikan juga bibit udang dengan jumlah 740.910 ribu ekor. Sementara untuk pakan ikan dan udang sebanyak 102,291 ton.

Dia mengatakan, bukan hanya itu, Pemkab melalui Dinas Perikanan Kobar juga memberikan bantuan 48 kolam bundar dan 9 paket obat-obatan serta peralatan budidaya. Dengan begitu, bantuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan produksi budidaya ikan, dan menjadi penopang bagi ketahanan pangan masyarakat khususnya di dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Salah satu bentuk keberhasilan dalam menghadapi pandemi COVID-19 adalah bertahan baik di sisi kesehatan maupun ekonomi," kata Nurhidayah.

Baca juga: Bupati ingin varietas unggul pertanian Kobar terus bertambah

Orang nomor satu di Bumi Marunting Batu Aji itu menyebut, selain berupaya menjaga kesehatan fisik, tetap juga perlu diperhatikan kondisi serta kesehatan perekonomian. Untuk itulah, pemberian stimulus bibit dan pakan tersebut dapat membuat para pembudidaya ikan terus menjadi penggerak ekonomi masyarakat yang mampu berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi daerah.

Dalam kesempatan ini bupati juga mengapresiasi para pembudidaya yang tetap semangat menghadapi berbagai kendala, baik pandemi COVID-19 maupun bencana banjir yang sebelumnya melanda beberapa wilayah di Kobar.

"Untuk itu pemerintah daerah terus berkomitmen akan terus menghadirkan program yang mendukung dan mendorong pemberdayaan masyarakat, khususnya dalam menghadapi pandemi," demikian Nurhidayah.

Baca juga: Pemkab Kobar latih pelaku wisata kelola pariwisata saat COVID-19

Baca juga: Kepala Dinas PUPR Kobar usir admin kontraktor, Gapensi langsung bersikap

Baca juga: Tingkatkan kesejahteraan nelayan, Pemkab Kobar tambah jatah BBM bersubsidi

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar