KPP Kalteng komitmen tingkatkan partisipasi perempuan di politik

id Ketua Kaukus Perempuan Parlemen Kalteng,DPRD Kalimantan Tengah,Andina Theresia Narang ,DPRD Kalteng,Kalimantan Tengah, Kaukus Perempuan Parlemen Kalte

KPP Kalteng komitmen tingkatkan partisipasi perempuan di politik

Pengurus dan Anggota Kaukus Perempuan Parlemen Kalteng foto bersama dengan Ketua DPRD Kalteng Wiyatno dan Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya usai pelantikan di gedung DPRD Kalteng, Senin (21/9/2020). ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Kaukus Perempuan Parlemen (KPP) DPRD Kalimantan Tengah Andina Theresia Narang menyatakan bahwa dirinya beserta pengurus dan seluruh anggota, telah berkomitmen untuk terus meningkatkan peran dan partisipasi perempuan di provinsi ini terhadap politik.

Pernyataan itu disampaikan Andina usai dilantik kembali menjadi Ketua KKP DPRD Kalteng untuk periode 2020-2024 oleh Sekretaris Jenderal KPP Republik Indonesia Luluk Nur Hamidah di Palangka Raya, Senin. 

"Jumlah anggota parlemen perempuan di Kalteng untuk periode 2019-2024 mengalami peningkatan yang cukup besar dibandingkan periode 2014-2019. Itu membuktikan partisipasi perempuan Kalteng sudah semakin tinggi," ucap dia.

Menurut Anggota DPRD Kalteng dua periode itu, masyarakat di provinsi ini juga terlihat semakin menginginkan peran perempuan dalam penyambung aspirasi yang diharapkan. Untuk itulah, KKP DPRD Kalteng kembali berkomitmen harus meningkatkan partisipasi dalam setiap proses pengambilan kebijakan politik dan pembangunan yang menjadi prioritas di provinsi ini.

Andina mengatakan banyak sekali harapan besar dan harus diwujudkan yang menjadi tanggung jawab sebagai perempuan parlemen. Salah satunya mengenai tugas pokok dan fungsi parlemen menyangkut fungsi legislasi, pengawasan dan anggaran.

"Tapi harus kami akui, yang tidak kalah penting juga bagaimana membangun peran perempuan dalam berbagai bidang. Semua aspek ini harus diperhatikan, sehingga hak-hak perempuan dalam politik dapat terpenuhi dengan baik," kata dia.

Baca juga: DPRD Kalteng kaji banding pengembangan ternak ke Kabupaten Tanah Laut

Anggota DPRD Kalteng dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu meyakini bahwa KKP tidak hanya menjadi jalan meningkatkan partisipasi perempuan dalam politik, tapi juga jembatan bagi generasi muda untuk lebih akrab dengan politik tanpa ada kekhawatiran aspirasinya tidak didengar.

Dia mengatakan KKP DPRD Kalteng dalam waktu dekat akan melaksanakan sosialisasi kepada kaum milenial, khususnya kaum perempuan, terkait dengan pentingnya keterlibatan dalam dunia politik. Sebab, hak-hak kaum perempuan yang harus dilindungi.

"Kami mengajak kaula muda khususnya kaum perempuan untuk melek politik karena kan Kalteng saat ini sedang menghadapi tahun politik, jadi kita akan mengadakan webinar bersama mahasiswa yang ada di Kalteng," demikian Andina.

Baca juga: Legislator Kalteng ajak masyarakat patuhi protokol kesehatan

Baca juga: DPRD Kalteng ingatkan SOPD lebih aktif ikuti rapat

Baca juga: Wilin C Akomoto gantikan Sarwani jadi Anggota DPRD Kalteng

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar