Kaukus Perempuan Parlemen Kotim diminta perjuangkan nasib perempuan

id Kaukus Perempuan Parlemen Kotim diminta perjuangkan nasib perempuan, Kalteng, DPRD Kotim Sampit, bsik, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur, sampit

Kaukus Perempuan Parlemen Kotim diminta perjuangkan nasib perempuan

Ketua Kaukus Perempuan Parlemen Kalimantan Tengah Andina Theresia Narang melantik pengurus Kaukus Perempuan Kotawaringin Timur di ruang rapat paripurna DPRD Kotawaringin Timur, Kamis (24/11/2021). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Kaukus Perempuan Parlemen (KPP) DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah yang baru terbentuk, diminta serius dan konsisten memperjuangkan nasib kaum perempuan di daerah ini.

"Organisasi ini semakin memperkuat kesetaraan gender dalam pengambil keputusan. Kaukus Perempuan Parlemen bisa mempertajam pembangunan yang pro gender," kaya Ketua Kaukus Perempuan Parlemen Provinsi Kalimantan Tengah Andina Theresia Narang di Sampit, Rabu.

Harapan itu disampaikan Andina usai melantik pengurus Kaukus Perempuan Parlemen Kotawaringin Timur yang diketuai Rinie yang merupakan Ketua DPRD Kotawaringin Timur. Pelantikan dilaksanakan di ruang rapat paripurna DPRD Kotawaringin Timur.

Hadir dalam kegiatan ini Bupati Halikinnor, Sekretaris Daerah Fajrurrahman, Ketua Tim Penggerak PKK Kotawaringin Timur Khairiah Halikinnor dan pejabat lainnya. Kepengurusan KPP Kotawaringin Timur periode 2021-2024 ini diisi oleh legislator perempuan dan istri legislator setempat. 

Andina meminta KPP bisa menjalankan tugas dengan baik, salah satunya menyambung aspirasi perempuan di parlemen tersebut dengan tetap berpijak pada anggaran dasar dan anggaran rumah tangga AD-ART organisasi .

Terlebih di tengah pandemi COVID-19 yang masih terjadi, KPP diharapkan berperan penting untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar ikut peduli membantu pemerintah melaksanakan program-program mengatasi pandemi ini.

“Kaukus Perempuan Parlemen diharapkan bisa membantu meyakinkan masyarakat terkait program-program penanganan COVID-19 seperti suksesi vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan," harap Andina.

Harapan yang sama juga disampaikan Bupati Halikinnor. Peran Kaukus Perempuan Parlemen sangat diharapkan untuk membantu memperjuangkan kebutuhan dan nasib kaum perempuan dalam berbagai bidang kehidupan.

Baca juga: DPRD Kotim rekomendasikan usaha galian C legal kembali beroperasi

"Beberapa permasalahan yang masih kita hadapi diantaranya angka kematian ibu dan bayi, pernikahan dini, nasib kaum perempuan serta peran dalam penanganan COVID-19," ujar Halikinnor.

Sementara itu Wakil Ketua Kaukus Perempuan Parlemen Kotawaringin Timur Darmawati mengatakan, pihaknya akan berupaya keras memperjuangkan nasib perempuan, khususnya melalui lembaga DPRD.

"Saat ini kualitas dan kontribusi perempuan di daerah ini terus meningkat. Bahkan jumlah perempuan yang duduk di DPRD ini pun lebih banyak dari periode sebelumnya. Ini kemajuan yang diharapkan terus terjadi," kata Darmawati.

Darmawati berharap kehadiran organisasi ini membawa manfaat besar bagi masyarakat, khususnya kaum perempuan. Dia yakin perempuan mampu berkontribusi besar terhadap pembangunan dan masyarakat.

Baca juga: APBD 2022 Kotim disetujui, ini rinciannya

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2021