Bupati Kobar ajak perempuan aktif bantu pencegahan penyebaran COVID-19

id Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Nurhidayah ,Kabupaten Kotawaringin Barat,Kobar,covid-19,virus corona

Bupati Kobar ajak perempuan aktif bantu pencegahan penyebaran COVID-19

Bupati Kotawaringin Barat Nurhidayah didampingi Sekretaris Daerah Suyanto pada kegiatan penerimaan bantuan paket sembako dari pihak ketiga, belum lama ini. ANTARA/HO- Prokom Kobar

Pangkalan Bun (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Nurhidayah mengajak kaum perempuan yang ada di kabupaten setempat agar lebih berperan aktif membantu pemerintah daerah dalam percepatan menangani dan mencegah penyebaran viru corona atau COVID-19.

Keberadaan dan peran perempuan sebenarnya juga sangat penting dalam menangani dan mencegah penyebaran pandemi COVID-19, kata Nurhidayah pada pelantikan pengurus DPC Pengajian Al Hidayah di Pangkalan Bun, kemarin.

"Perempuan itu menjadi ujung tombak dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Salah satu cara mencegah penyebaran COVID-19 itu kan menerapkan pola hidup dan sehat. Itulah kenapa peran perempuan juga sangat penting," tambah dia.

Dikatakan, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat pada dasarnya sudah berupaya optimal menekan penyebaran virus corona. Bahkan, sekarang ini semakin intens dan berkelanjutan membuat berbagai langkah agar penderita COVID-19 tidak ada lagi di kabupaten ini. 

Nurhidayah mengatakan, kabupaten ini juga sudah memiliki Peraturan Bupati Nomor 54 Tahun 2020 tentang Disiplin dan Penegakan hukum protokol kesehatan. Aturan tersebut tindak lanjut dari Intruksi Presiden Nomor 6 tahun 2020  dan Peraturan Gubernur Kalteng No 43 tahun 2020.

"Di sini lah peran kaum perempuan dibutuhkan, termasuk keberadaan organisasi yang melibatkan kaum perempuan agar dapat memberikan kontribusi di masa Pandemi Covid-19  ini. Tentunya bisa sejalan dengan pemerintah, yang saat ini terus mensosialisasikan perihal hidup sehat," kata dia.

Baca juga: PUPR Kobar terus berupaya tingkatkan SDM bidang desain jalan

Menurut orang Nomor satu di Bumi Marunting Batu Aji ini, Pandemi covid-19 belum diketahui sampai kapan berakhir. Untuk itu, sebagai kaum perempuan, di wajibkan ikut membantu mensosialisasikan di segala kesempatan.

Misalnya, lanjut dia, melalui kegiatan Pengajian, dada wisma maupun pada saat kegiatan Posyandu, maka bisa mengajak masyarakat untuk merubah pola hidup, agar terhindar dari penyebaran Virus Corona.

"Atau pada saat pergi ke pasar, bisa juga ibu ibu mengajak pada pedagang maupun pengunjung untuk mentaati protokol kesehatan, misalnya dengan menggunakan masker, sebab masih banyak masyarakat yang nekat keluar rumah tanpa menggunakan masker, padahal saat ini masker menjadi kebutuhan utama," demikian Nurhidayah.

Baca juga: Pedagang di Kobar hibahkan empat kios secara ikhlas kepada pemkab

Baca juga: Bupati ingatkan tata pemerintahan di Kobar harus semakin baik dan bersih

Baca juga: Pemkab Kobar gencar salurkan bantuan program pemberdayaan masyarakat

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar