NU didorong tingkatkan peran dalam pembangunan Bartim

id NU didorong tingkatkan peran dalam pembangunan Bartim, Barito timur, nu

NU didorong tingkatkan peran dalam pembangunan Bartim

Wakil Bupati Bartim Habib Said Abdul Saleh Al Qadry memberikan sambutan saat pelaksanan Konferensi Cabang ke-5 NU Bartim di Tamiang Layang Minggu (27/9). ANTARA/HO-Pemkab Bartim

Tamiang Layang (ANTARA) - Wakil Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Habib Said Abdul Saleh Al Qadry menuntut peranan Nahdlatul Ulama cabang setempat untuk berperan mewujudkan pembangunan daerah yang sehat cerdas dan sejahtera.

“Bisa dimulai dengan mewujudkan tatanan masyarakat yang demokratis dan berkeadilan demi tercapainya kesejahteraan masyarakat dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Habib Saleh dalam pembukaan Konferensi Cabang NU Kabupaten Bartim ke-5 di Tamiang Layang, Minggu.

Menurut Habib Saleh, dirinya secara pribadi dan pemerintahan menyambut baik dilaksanakannya Konferensi Cabang NU ke-5 Kabupaten Bartim, untuk menentukan pemilihan pengurus baru 2020-2025.

Kepengurusan yang baru diharapkan dapat meningkatkan peranan NU dalam pembangunan Bartim menuju Gumi Jari Janang Kalalawah.

Kepengurusan yang baru juga diharapkan membuat program kerja secara profesional terencana dan terukur sehingga perannya di segala bidang dapat lebih dirasakan di tengah-tengah masyarakat.

“Sudah saatnya NU melangkah terarah dan terpadu seiring dengan kemajuan zaman saat ini, sehingga dapat menjadi mitra pemerintah yang aktif dan turut serta membangun, menata dan mengisi pembangunan di segala bidang,” kata Habib Saleh lagi.

Dalam Konferensi Cabang ke-5 NU Kabupaten Bartim, Habib Saleh meminta agar peserta menggunakan hak pilihnya sesuai hati-nurani masing-masing, agar figur yang memimpin NU Bartim adalah yang terbaik dari yang terbaik.

Dalam pemilihan, dua nama diajukan yakni Poniran dan Ahmad Gazali. Dalam pemilihan suara, akhirnya Achmad Gazali terpilih sebagai Ketua NU Cabang Bartim 2020-2025 dengan perolehan 6 suara mengungguli Poniran dengan perolehan 5 suara. Sedangkan Ruis Syuriah yang terpilih secara aklamasi adalah Habib Said Abdul Saleh Al Qadry.

“Saya mengharapkan demikian karena mengingat fungsi, pesan dan kedudukan agama sebagai landasan moral dan etika dalam kehidupan sehari-hari, daik dalam berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” demikian Habib Saleh.

Baca juga: Wujudkan pilgub aman dan kondusif di Bartim

Baca juga: Pj Sekda Bartim sampaikan fokus kegiatan pemkab