Bubarkan massa unjuk rasa dengan helikopter, 4 polisi terancam sanksi berat

id helikopter,Bubarkan massa unjuk rasa dengan helikopter,4 polisi terancam sanksi berat,Polda Sulawesi Tenggara,Kendari,Helikopter Polisi

Bubarkan massa unjuk rasa dengan helikopter, 4 polisi terancam sanksi berat

Ilustrasi--Helikopter Polisi. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Jakarta (ANTARA) - Empat personel Polda Sulawesi Tenggara yang melakukan manuver rendah dengan helikopter untuk membubarkan massa unjuk rasa di Kendari segera menerima sanksi berat atas perbuatannya itu.

Pelaksana harian Kabid Humas Polda Sultra Kombes La Ode Proyek dihubungi wartawan, Kamis, mengatakan para polisi itu masih diperiksa dan secepatnya mengikuti sidang disiplin dan kode etik untuk penentuan sanksi dalam beberapa hari ke depan.

"Tentu sanksi berat sudah menanti," ujar La Ode.

Sanksi yang akan diberikan kepada para polisi itu dapat berupa penundaan kenaikan jabatan, teguran tertulis, penempatan dalam tempat khusus selama 21 hari hingga pemecatan dari institusi Polri.

Baca juga: Kapolri kecam pilot terbangkan heli bubarkan aksi demonstrasi mahasiswa

Dalam pemeriksaan awal, diduga pilot, kopilot dan dua teknisi melakukan pelanggaran dengan bermanuver rendah untuk membubarkan massa, padahal tidak terdapat aturan pembubaran massa dengan tindakan seperti itu dalam kepolisian dan tidak terdapat perintah dari pimpinan untuk melakukan tindakan itu.

"Protap pembubaran itu sudah ada di Perkap Nomor 1 Tahun 2009. Ada enam tahapan, di luar dari itu cara membubarkannya itu sudah dianggap melanggar SOP," ujar La Ode.

Sebelumnya Kapolri Jenderal Pol Idham Azis dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR mengecam tindakan personel Polda Sultra melakukan manuver dengan helikopter untuk membubarkan massa karena tindakan itu di luar prosedur yang berlaku untuk mengamankan kerumunan.

Ia pun mengaku ingin menempeleng oknum polisi yang mencoreng nama baik kepolisian itu.