KPU Barsel lakukan uji petik DPS Pilgub Kalteng

id KPU Barsel lakukan uji petik DPS Pilgub Kalteng, barsel, Barito selatan

KPU Barsel lakukan uji petik DPS Pilgub Kalteng

Ketua Komisi Pemilihan Umum Barito Selatan, Bahruddin (Tengah) pada saat kegiatan sosialisasi dan penyerahan alat peraga kampanye di Buntok, Selasa (13/10/2020). ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Selatan melakukan uji petik Daftar Pemilih Sementara (DPS) pemilu kepala daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Barito Selatan, Bahruddin mengatakan, dari uji petik yang dilakukan dari peserta yang hadir dalam kegiatan ini semuanya sudah ada dalam DPS tersebut.

"Uji petik ini dilakukan sebelum ditetapkannya DPS tersebut menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT)," katanya usai kegiatan sosialisasi tahapan kampanye dan penyerahan alat peraga kampanye dan bahan kampanye kepada tim pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur di Buntok, Selasa.

Menurut dia, hasil uji petik ini tidak menjadi kepuasan bagi pihaknya. KPU Barito Selatan akan terus melakukan perbaikan-perbaikan sebelum ditetapkannya DPS menjadi DPT dalam beberapa hari kedepan.

"Karena batasan untuk menetapkan DPS menjadi DPT pada 16 Oktober 2020," ucapnya.

Ia juga menyampaikan, sebelum dilakukannya uji petik, pihaknya juga telah melakukan uji publik yang dilakukan di desa dan kelurahan di daerah ini.

Perbaikan-perbaikan DPS selama ini terus dikomunikasikan dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Barito Selatan.

"Jadi bila ada data dari Bawaslu Barsel terkait DPS itu kita lakukan pencermatan bersama dan dilakukan perbaikan-perbaikan secara bersama," tambah Bahruddin.

Dari hasil kerjasama yang baik dan dukungan dari semua pihak ini diharapkan untuk lebih menghasilkan daftar pemilih yang lebih akuntabel, lebih akurat dan bisa dipertanggungjawabkan.

"Sampai dengan penetapan DPT ini diharapkan masih ada perbaikan-perbaikan dan kami tetap menerima masukan dan tanggapan apapun untuk perbaikan daftar pemilih ini," kata Bahruddin.

Sementara salah seorang tim kampanye pasangan calon nomor urut 2, Dahani mengatakan berdasarkan hasil uji publik dan uji petik hasilnya sudah sangat baik.

"Kita mengucapkan terima kasih kepada KPU Barito Selatan dan semua pihak yang terus melakukan upaya-upaya perbaikan, sehingga berdasarkan hasil uji petik dan uji publik hasilnya sangat baik," kata Dahani.

Sekadar diketahui pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang berkompetisi di Pilkada Kalteng tersebut sebanyak dua pasangan calon yakni Ben Brahim S Bahat-Ujang Iskandar dengan nomor urut 01, H Sugianto Sabran- H Edy Pratowo pasangan calon dengan nomor urut 02.

Baca juga: KPU Barsel serahkan APK kepada tim peserta Pilgub Kalteng

Baca juga: DPRD Barsel sebut banyak warga miskin belum miliki kartu JKN-KIS

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar