Personel Polsek Pahandut ingatkan pengunjung dan pedagang Pasar Besar terapkan 3M

id Polresta palangka raya, 3m, polsek pahandut, protokol kesehatan, covid 19

Personel Polsek Pahandut ingatkan pengunjung dan pedagang Pasar Besar terapkan 3M

Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Pahandut, Palangka Raya, Aipda Agus Triyanto mensosialisasikan 3M kepada pengunjung Pasar Besar, Selasa, (20/10/2020). (ANTARA/Ho-Polresta Palangka Raya)

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Pahandut Palangka Raya, Kalimantan Tengah menyambangi kawasan Pasar Besar untuk mensosialisasikan 3M, yakni mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak.

Bhabinkamtibmas Polsek Pahandut Aipda Agus Triyanto di Palangka Raya, Selasa mengatakan, pihaknya menyambangi pengunjung dan pedagang Pasar Besar yang berada di Jalan Ahmad Yani, bertujuan memutus mata rantai penyebaran wabah COVID-19.

"Sosialisasi yang kami sampaikan kepada warga di kawasan Pasar Besar, mengenai protokol kesehatan COVID-19 yakni mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak," ucap Agus.

Pihaknya juga melakukan pendisiplinan terhadap warga yang melanggar protokol kesehatan COVID-19. Apabila kedapatan warga tidak menggunakan masker, maka akan diberikan pembinaan serta teguran.

Teguran yang diberikan bertujuan mengingatkan pengunjung dan pedagang pasar, agar tetap menaati aturan yang sudah diberlakukan di tengah pandemi yang melanda.

"Ada beberapa warga yang kami tegur karena tidak menggunakan masker ketika ke pasar. Kebanyakan mereka lupa menggunakan masker, sedangkan maskernya ada di dalam tas atau di kantong mereka, makanya mereka diingatkan kembali," jelasnya.

Dia juga meminta agar pengunjung jangan pernah malu untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Masyarakat juga diminta membiasakan adaptasi kebiasaan baru.

"Jangan malu untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. Jadikan hal tersebut sebagai adaptasi kebiasaan yang baru demi terhindar dari risiko tertular virus ini," tegasnya.

Upaya mengakhiri pandemi COVID-19 harus mendapat dukungan dari semua pihak, tak hanya bergantung dari upaya pemerintah saja, namun juga masyarakat serta pihak terkait lainnya, yakni melalui disiplin menerapkan protokol kesehatan.