KPU minta masyarakat Gumas aktif mencari tahu lokasi TPS

id Kuala Kurun, Gunung Mas, Kalteng,Kabupaten Gunung Mas,gumas,Kalimantan Tengah,Kalteng,KPU Gunung Mas,Anlekar Sigap

KPU minta masyarakat Gumas aktif mencari tahu lokasi TPS

(Dari kiri) Ketua PPS Tewai Baru Toni Trapola, Anggota PPS Tewai Baru Kartini, dan PKD Tewai Baru Daut berfoto bersama usai mengumumkan DPT di gedung pertemuan desa setempat, Rabu (28/10/2020). ANTARA/HO – KPU Gumas

Kuala Kurun (ANTARA) - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Anlekar Sigap meminta masyarakat kabupaten itu agar aktif mencari tahu lokasi tempat pemilihan suara (TPS) untuk mencoblos pada Pemilihan Kepala Daerah Kalteng 2020.

Cara yang dapat dilakukan masyarakat untuk melihat lokasi TPS yang menjadi tempat bagi mereka untuk menggunakan hak pilih adalah dengan melihat pengumuman daftar pemilih tetap (DPT), kata Anlekar saat dihubungi dari Kuala Kurun, Kamis.

"Sejak Rabu (28/10) lalu panitia pemungutan suara (PPS) telah mengumumkan DPT di masing-masing desa/kelurahan. Di pengumuman tersebut masyarakat dapat melihat di TPS berapa mereka terdaftar," ucapnya.

Dia menjelaskan, pengumuman DPT dilakukan dengan cara menempelkan daftar tersebut di tempat-tempat yang strategis di masing-masing desa/kelurahan, seperti di papan informasi, kantor desa/kelurahan, dan lainnya.

Pengumuman DPT yang dilakukan oleh PPS turut diawasi oleh panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan KPU Gumas. Masyarakat dapat melihat pengumuman DPT sampai dengan 6 Desember 2020 mendatang.

"Bagi masyarakat yang sudah memiliki hak pilih namun namanya tidak ada di DPT tidak perlu khawatir, karena mereka tetap dapat menggunakan hak pilihnya dengan membawa KTP," beber Anlekar.

Baca juga: Legislator Gumas minta PBS dukung pembinaan olahraga tinju

Adapun jumlah DPT Pilkada Kalteng 2020 di Gumas adalah sebanyak 78.225 pemilih dengan rincian 41.116 pemilih laki-laki dan 37.109 pemilih perempuan. Mereka tersebar di 12 kecamatan, 127 desa/kelurahan, dan 273 TPS.

Terpisah, Anggota PPS Desa Tewai Baru, Kecamatan Sepang Kartini mengatakan bahwa mereka sudah mengumumkan DPT di dua tempat, yakni di kantor desa dan gedung pertemuan umum desa setempat.   

Dia menyebut jumlah DPT di Tewai Baru adalah sebanyak 704 pemilih, dengan rincian 365 pemilih laki-laki dan 339 pemilih perempuan. Nantinya ratusan DPT tersebut akan menggunakan hak pilihnya di dua TPS.

Di TPS 001 ada 355 pemilih dengan rincian 190 pemilih laki-laki dan 165 pemilih perempuan, sedangkan di TPS 002 ada 349 pemilih dengan rincian 175 pemilih laki-laki dan 174 pemilih perempuan," jelas Kartini.

Baca juga: Masyarakat diminta tidak takut ke TPS meski dalam situasi pandemi COVID-19

Baca juga: Pemuda Gumas diminta siapkan diri menjadi pelaku pembangunan

Baca juga: Masyarakat Gumas diajak bangkitkan perekonomian dengan membeli produk lokal

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar