KPU Kapuas disarankan gandeng media massa tingkatkan sosialisasi

id KPU Kapuas disarankan gandeng media massa tingkatkan sosialisasi, Kapuas, KPU Kapuas, pilkada kalteng

KPU Kapuas disarankan gandeng media massa tingkatkan sosialisasi

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kapuas, Bardiansyah. ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah,  Bardiansyah, menyarankan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat menggandeng media massa untuk meningkatkan sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah 2020 secara masif.

“Kita mendorong KPU Kapuas melibatkan dan menggandeng media massa dalam sosialisasi Pilgub ini,” kata Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kapuas, Bardiansyah di Kuala Kapuas, Minggu.

Legislator dari Partai NasDem ini berharap partisipasi pemilih tidak berkurang dibanding saat Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden lalu. Justru seharusnya partisipasi pemilih bertambah.

Mantan Ketua KPU Kabupaten Kapuas ini, mengaku khawatir partisipasi pemilih pada Pilgub Kalteng 2020 yang tinggal beberapa minggu lagi, menurun. Dia menyarankan KPU bisa menggandeng media massa untuk memaksimalkan sosialisasi tersebut.

Menurut wakil rakyat yang terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas I untuk Kecamatan Selat ini, KPU Kabupaten Kapuas, KPU seharusnya lebih intens melakukan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya melalui daring dan melalui media massa.

Cara itu lebih disarankan karena pandemi COVID-19 masih terjadi sehingga pelaksanaan setiap tahapan pilkada wajib memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Bardiansyah menilai, peranan media massa sangat besar dan strategis dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat secara luas. Apalagi terkait sosialisasi di tengah pandemi COVID-19 yang saat ini masih melanda, media massa sangat efektif dan sesuai protokol kesehatan.

“Media massa seharusnya dimanfaatkan oleh KPU Kapuas, agar sosialisasi semakin luas karena menurut pengalaman kami, media massa memiliki peranan penting, harusnya dilibatkan, apalagi ini untuk suksesnya Pilgub Kalteng,” katanya.

Selain itu, tambahnya, seharusnya KPU Kabupaten Kapuas membuka seluas-luasnya informasi ke publik. Tujuannya agar masyarakat dapat berpartisipasi dalam pesta demokrasi tersebut.

“Harapan kita, KPU Kapuas dan media massa sinergi, jadi penyampaian informasi dapat berjalan baik,” demikian Bardiansyah.

Baca juga: Speed boat rombongan KSOP Batanjung terbakar, penumpang terluka

Baca juga: Plt Gubernur cek kesiapan sarana pendukung 'food estate' di Kapuas

Baca juga: 40 unit rumah tak layak huni di Kapuas dapat BSPS dari Kementerian PUPR