Masyarakat pelosok Kotim keluhkan pendidikan, ini jawaban Halikinnor

id Masyarakat pelosok Kotim keluhkan pendidikan, ini jawaban Halikinnor, Halikinnor, Halikinnor-Irawati, Sampit, Kotim, pemkab Kotim

Masyarakat pelosok Kotim keluhkan pendidikan, ini jawaban Halikinnor

Warga Desa Kabuau Kecamatan Parenggean berdatangan menyampaikan aspirasi dan dukungan ketika mengetahui Halikinnor sedang mampir sejenak di rumah salah satu warga setempat, Kamis (12/11/2020). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Keterbatasan pendidikan menjadi salah satu aspirasi yang disampaikan masyarakat di kawasan pelosok kepada calon Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor agar bisa diperjuangkan.

"Pendidikan memang salah satu bidang yang harus kita tingkatkan dan itu sudah dalam program saya. Tidak hanya kemudahan akses pendidikan, tetapi juga nasib para guru akan kita tingkatkan," kata Halikinnor yang mampir sejenak di rumah warga Desa Kabuau Kecamatan Parenggean, Kamis.

Halikinnor berada di tempat itu untuk beristirahat sejenak bersama Ketua DPC Partai Demokrat Kotawaringin Timur, Parimus. Walaupun hanya mampir sejenak di rumah kerabat Parimus tersebut, warga yang mengetahui kedatangan Halikinnor, antusias berdatangan dan menggunakan kesempatan itu untuk berkeluh kesah kepada Halikinnor.

Warga mengeluhkan banyak hal, seperti terbatasnya fasilitas pendidikan, guru serta kemampuan untuk melanjutkan pendidikan. Warga juga berharap penambahan tenaga kesehatan agar pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal.

Warga sangat antusias dan senang bisa menyampaikan aspirasi secara langsung kepada calon bupati. Warga berharap Halikinnor bisa memperjuangkan dan mewujudkan harapan mereka.

Menurut Halikinnor, apa yang menjadi harapan masyarakat, sudah menjadi bagian dari visi dan misinya. Dia berkomitmen melanjutkan peningkatan pemerataan yang sudah dijalankan pemerintahan Bupati Supian Hadi karena selama ini saat menjabat Sekretaris Daerah, dia juga terlibat perencanaan di dalamnya.

Program beasiswa akan terus ditingkatkan untuk membantu pendidikan. Bahkan bagi anak dari pelosok, Halikinnor berkomitmen meningkatkan pemberian beasiswa secara penuh hingga anak tersebut lulus menjadi sarjana.

"Tapi nanti dia harus membuat surat pernyataan bahwa setelah lulus, bersedia kembali untuk mengabdi di kampung halamannya. Ini salah satu cara untuk memenuhi tenaga guru dan kesehatan karena kalau putra daerah maka mereka pasti betah bertugas di kampung halaman sendiri," kata Halikinnor.

Baca juga: Arton beberkan alasan PDIP yakin Halikinnor mampu memajukan Kotim

Fasilitas pendidikan, termasuk rumah dinas guru juga akan menjadi perhatian. Begitu pula kesejahteraan guru akan terus ditingkatkan, di antaranya dengan mengangkat guru honor sekolah menjadi tenaga kontrak daerah sehingga penghasilan yang mereka dapat menjadi lebih baik.

Sementara itu Parimus mengatakan, pihaknya akan berusaha maksimal memenangkan Halikinnor yang berpasangan dengan calon Wakil Bupati Irawati atau disingkat HARATI, dalam pemilu kepala daerah 9 Desember 2020.

Partai Demokrat yakin Halikinnor bisa membawa Kotawaringin Timur lebih maju lagi, apalagi selama ini Halikinnor terlibat langsung dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan melalui jabatannya sebagai Sekretaris Daerah sekaligus Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah.

"Halikinnor ahlinya di birokrasi. Beliau tahu aturan sehingga akan menjalankan pembangunan sesuai aturan pula. Saya berteman sudah 25 tahun dengan Pak Halikinnor sehingga tahu betul perjalanan beliau hingga menduduki jabatan tertinggi bagi seorang PNS, yakni menjadi Sekretaris Daerah. Beliau mempunyai kemampuan yang mumpuni yang bisa kita andalkan untuk lebih memajukan daerah ini," demikian Parimus.

Baca juga: Halikinnor terharu disambut antusias masyarakat Kota Besi

Baca juga: Emak-emak mengadu ke Halikinnor minta perbaikan jalan pertanian

Baca juga: Ini harapan kaum milenial kepada HARATI