Pemkab Gumas salurkan bantuan kepada Karang Taruna di tiga kelurahan

id Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah,Dinas Sosial Kabupaten Gunung Mas,Gumas,Kepala Dinsos Gumas,Jhonson Ahmad ,Karang Taruna,bantuan untuk karang

Pemkab Gumas salurkan bantuan kepada Karang Taruna di tiga kelurahan

Kepala Dinsos Gumas Jhonson Ahmad (baju putih) menyerahkan bantuan peralatan tenda kepada Karang Taruna Semangat Maju di Kelurahan Tewah Kecamatan Tewah, Rabu (11/11/2020).(ANTARA/HO – Dinsos Gumas

Kuala Kurun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Sosial setempat menyalurkan bantuan kepada organisasi Karang Taruna yang ada di tiga kelurahan, agar semakin berkembang dan optimal melakukan pemberdayaan kepada pemuda setempat. 

Kepala Dinsos Gumas Jhonson Ahmad melalui Kepala Seksi Identifikasi dan Penguatan Kapasitas Degor di Kuala Kurun, Senin, mengatakan Karang Taruna yang mendapat bantuan yakni, Sumber Harapan Kelurahan Tampang Tumbang Anjir Kecamatan Kurun, Hapakat Kelurahan Rabambang Kecamatan Rungan Barat, dan Semangat Maju Kelurahan Tewah Kecamatan Tewah.

"Tiga karang taruna tersebut mengajukan proposal kepada Dinsos Gumas agar mendapat bantuan pengembangan. Proposal mereka kami terima dan bantuan sudah disalurkan kepada masing-masing karang taruna," ucap Degor.

Dikatakan, untuk Karang Taruna Sumber Harapan mendapat bantuan alat-alat cetak batako yakni mesin press batako manual, concrete mixer Hercules, gerobak dorong, sekop, dan cangkul. Karang Taruna Hapakat mendapat bantuan alat musik dan sound system seperti keyboard, speaker aktif, mixer, power amplifier, mikrofon, kabel sound system, genset, stop kontak, dan stavolt.

Degor mengatakan sementara untuk Karang Taruna Semangat Maju mendapat bantuan peralatan tenda diantaranya tenda ukuran 4 x 6 meter, tenda ukuran 6 x 8 meter, kursi plastik, dan meja ukuran 2 meter x 80 sentimeter.

Baca juga: KPU Gumas diminta gencar sosialisasikan teknis pemungutan suara

Dia pun mengingatkan kepada masing-masing karang taruna yang telah menerima bantuan agar memanfaatkan bantuan dengan baik, demi kemajuan karang taruna dan demi memberi pelayanan kepada masyarakat sekitar.

"Misalnya, Karang Taruna Semangat Maju mendapat bantuan peralatan tenda. Kami harap itu disewakan dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat atau lebih murah dari harga biasanya, terlebih untuk kegiatan keagamaan atau sosial," tuturnya.

Dia juga mempersilahkan karang taruna lain untuk menyampaikan proposal permohonan bantuan kepada Dinsos Gumas. Nantinya Dinsos akan mencoba mengakomodir permohonan mereka, selama permohonan dinilai bertujuan baik dan anggaran tersedia.

"Sejauh ini sudah ada beberapa karang taruna di Gumas yang mendapat bantuan dari Dinsos. Kami harap bantuan tersebut benar-benar dimanfaatkan, karena jika tidak dimanfaatkan maka bantuan bisa saja kami tarik kembali," demikian Degor.

Baca juga: Empat penambang tradisional di Gumas meninggal akibat tertimbun longsor

Baca juga: Ini penyebab Perusda Gunung Mas Perkasa belum maksimal dalam PAD

Baca juga: Bupati Gumas: Kepengurusan perizinan dan non perizinan sudah sesuai regulasi