DPRD Kalteng belajar cara menarik kunjungan wisatawan ke Kalsel

id DPRD Kalimantan Tengah, DPRD Kalteng,Kalimantan Tengah,Kalteng,Komisi III DPRD Kalteng,Ketua Komisi III DPRD Kalteng,Duwel Rawing

DPRD Kalteng belajar cara menarik kunjungan wisatawan ke Kalsel

Pimpinan dan anggota Komisi III DPRD Kalimantan Tengah saat melakukan kunjungan ke salah satu objek wisata di Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (14/12/2020). ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Pimpinan dan anggota Komisi III DPRD Kalimantan Tengah melakukan kunjungan ke Provinsi Kalimantan Selatan, sebagai upaya mengkaji dan mempelajari cara menarik kunjungan wisatawan lokal, nasional hingga mancanegara.

Kunjungan tersebut juga untuk melihat langsung seperti apa penerapan protokol kesehatan mencegah penyebaran virus corona di tempat-tempat wisata, kata Ketua Komisi III DPRD Kalteng Duwel Rawing melalui pesan singkat yang diterima di Palangka Raya, Selasa.

"Kami sengaja memilih Kalsel karena karakter wisata di provinsi itu hampir sama dengan di Kalteng. Jadi, strategi dan cara di Kalsel lebih bisa dan mudah diterapkan di Kalteng," tambahnya.

Adapun objek wisata yang dikunjungi di Kalsel yakni, Stasiun Riset Bekantan, Ekosistem Lahan Basah (Bekantan Research Station) di obyek wisata Pulau Curiakatau biasa dikenal bekantan
dan hutan mangrove di Kabupaten Barito Kuala.

Duwel mengatakan, selain mengunjungi langsung lokasi wisata, dilakukan juga pertemuan dengan DPRD Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarmasin. Kemudian, pertemuan dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bajarmasin, serta Dinas Kebudayaan dan Parwisata Kabupaten Banto Kuala di Marabahan.

"Jadi, kami bisa menggali langsung seperti apa strategi dan cara yang dilakukan pemerintah di Provinsi Kalimantan Selatan, dalam menarik minat wisatawan berkunjung ke objek wisata di tengah pandemi seperti sekarang ini," beber dia.

Baca juga: Bahas penanganan COVID-19, DPRD Kalteng terima kedatangan DPRD Riau

Menurut Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan I meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas itu, keberadaan objek wisata sekarang ini sangat diperlukan dalam membantu memulihkan perekonomian masyarakat sejak adanya COVID-19.

"Kami di Komisi III kan salah satu bidang tugasnya terkait pariwisata. Jadi, kami ingin berkontribusi terhadap pemulihan dan peningkatan pengunjung objek wisata di Kalteng. Itulah kenapa kami belajar dan berkunjung ke Kalsel," demikian Duwel.

Pimpinan dan anggota Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah yang melaksanakan Kunjungan Kerja dari tanggal 13-16 Desember 2020, yakni Duwel Rawing, Siti Nafsiah selaku Wakil Ketua Komisi III, Kuwu Senilawati selaku Sekretaris Komisi, Andina Theresia Narang, Sri Neni Tnanawati, Heri Santoso, dr NiksenS Bahat, Andayani, Kahayanti dan Achmad Amur.

Baca juga: Alexius dilantik jadi Anggota DPRD Kalteng gantikan Irawati

Baca juga: Ketua DPRD minta kebersamaan di Kalteng tetap dijaga dan ditingkatkan

Baca juga: Fraksi Gabungan di DPRD Kalteng minta tata batas segera diselesaikan