Belasan desa di Gunung Mas telah salurkan BLT DD untuk Desember 2020

id Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah,Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Gumas,Bantuan Langsung Tunai,Yulius

Belasan desa di Gunung Mas telah salurkan BLT DD untuk Desember 2020

Suasana penyaluran BLT DD lanjutan tahap IX atau Desember di Desa Putat Durei, Kecamatan Manuhing Raya, Jumat (18/12/2020). ANTARA/HO – DPMD Gumas

Kuala Kurun, Gunung Mas, Kalte (ANTARA) - Belasan desa di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai yang berasal dari Dana Desa lanjutan hingga tahap IX atau Desember tahun 2020.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Gumas Yulius melalui Kasi Penataan Administrasi Desa Simon saat dihubungi dari Kuala Kurun, Sabtu mengatakan hingga 18 Desember 2020 ada 12 desa yang telah menyalurkan BLT DD Desember 2020.

"12 desa tadi tersebar di Kecamatan Mihing Raya, Kurun, Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing Raya, Tewah, Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa, dan Damang Batu," ucapnya.

Dia menyebut, di Kecamatan Kurun adalah Desa Penda Pilang, di Kecamatan Mihing Raya adalah Tuyun, Rangan Tate, dan Dahian Tambuk, di Kecamatan Rungan Hulu adalah Jangkit dan Hantapang.

Kemudian di Kecamatan Rungan adalah Desa Luwuk Langkuas, di Kecamatan Rungan Barat adalah Tumbang Langgah dan Tumbang Bahanei, di Kecamatan Manuhing Raya adalah Tumbang Samui dan Putat Durei.

Lalu di Kecamatan Tewah adalah Batu Nyapau dan Sei Riang, di Kecamatan Kahayan Hulu Utara adalah Dandang, di Kecamatan Miri Manasa adalah Tumbang Lapan, dan di Kecamatan Damang Batu adalah Karetau Sarian.

"Untuk BLT DD lanjutan tahap VIII atau November, 35 desa telah menyalurkan bantuan. Sedangkan BLT DD lanjutan tahap VII atau Oktober, 46 desa telah menyalurkan bantuan," paparnya.

Baca juga: Wabup dorong wanita Gumas kembangkan usaha kue lokal

Dia menuturkan, untuk  BLT DD tahap V atau Agustus dan tahap VI atau September, 111 desa telah menyalurkan bantuan. Untuk BLT DD tahap IV atau Juli, 112 desa telah menyalurkan bantuan.

Sedangkan untuk BLT DD tahap I atau April, tahap II atau Mei, dan tahap III atau Juni, sebanyak 113 desa telah menyalurkan bantuan.  Sedangkan satu desa yakni Tumbang Takaoi Kecamatan Kahayan Hulu Utara belum menyalurkan bantuan.

"Pemerintah Kabupaten Gumas melalui DPMD terus mendorong pemerintah desa yang belum menyalurkan BLT DD agar segera menyalurkan kepada keluarga penerima manfaat, demi membantu meringankan beban mereka yang terdampak pandemi COVID-19," demikian Simon.

Baca juga: Bupati ingin Dekranasda Gumas perkuat jaringan pasar

Baca juga: Pemkab Gumas usulkan ratusan rumah jadi sasaran BSPS

Baca juga: Kejari Gunung Mas musnahkan ratusan lembar uang palsu