Malam pergantian tahun di Bartim kondusif

id Malam pergantian tahun di Bartim kondusif, Bartim, Barito timur

Malam pergantian tahun di Bartim kondusif

Bupati Bartim Ampera AY Mebas didampingi FKPD, melepas patroli bersama malam pergantian tahun baru di halaman Kantor Bupati Bartim di Tamiang Layang, Kamis (31/12/2020) sore. ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Suasana Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah pada malam pergantian tahun 2020 ke 2021 cenderung sepi dan kondusif.

“Kita melaksanakan patroli bersama jajaran TNI, Polri, dan instansi pemerintah terkait lainya pada Kamis (31/12/2020) malam hingga Jumat (1/1/2021) dini hari,” kata Kapolres Bartim AKBP Afandi Eka Putra di Tamiang Layang, Jumat.

Menurutnya, patroli bersama yang dilaksanakan menggunakan kendaraan roda dua dan empat. Patroli dimulai dari depan kantor Bupati Bartim hingga ke titik-titik yang menjadi sasaran seperti lokasi yang biasanya selalu ramai saat malam pergantian tahun.

Kawasan-kawasan yang kerap ramai pada setiap malam pergantian tahun terpantau untuk tahun ini sangat sepi.

“Kami berterima kasih kepada masyarakat Bartim yang telah mentaati himbauan pemerintah, untuk tidak keluar, untuk tidak merayakan (malam pergantian tahun),” akat Afandi.

Tambahnya, sebelum malam pergantian tahun berlangsung, personel Polres Bartim beserta jajaran dan Bhabinkamtibmas melaksanakan sosialisasi Maklumat Kapolri Idham Azis yang salah satunya berisikan larangan melaksanakan perayaan malam pergantian tahun.

Bupati Bartim Ampera AY Mebas mengapresiasi kinerja aparatur yang melaksanakan patroli bersama sehingga ketertiban kota hingga malam pergantian tahun ini berjalan tertib dan kondusif.

“Dengan tidak adanya perayaan maka pelanggaran protokol kesehatan COVID-19 bisa diminimalisir sehingga diyakini bisa menekan penyebaran COVID-19 di Kabupaten Bartim,” kata Ampera.

Menurutnya, Pemkab Bartim melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Bartim mengeluarkan surat edaran yang berkaitan dengan Maklumat Kapolri, agar objek wisata tidak dibuka pada malam pergantian tahun.

Kebijakan ini dibuat karena ancaman COVID-19 masih mengintai. Kerumunan maka bisa menyebabkan penyebaran COVID-19 tidak terkendali. Kehadiran vaksin di awal 2021 akan memberikan harapan baik bagi masyarakat, namun masyarakat tetap harus mawas diri dengan tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

“Mari kita laksanakan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan termasuk menjauhi kerumunan-kerumunan,” demikian Ampera.

Baca juga: Wabup Bartim motivasi ASN supaya tahun depan lebih baik

Baca juga: Terkait Nataru, Wabup Bartim ingatkan ASN tentang disiplin

Baca juga: Guru di Bartim dibekali pembelajaran berbasis numerasi dan literasi