Sudah 215 tenaga kesehatan di Kapuas divaksin COVID-19

id Sudah 215 tenaga kesehatan di Kapuas divaksin COVID-19, Kapuas, vaksin

Sudah 215 tenaga kesehatan di Kapuas divaksin COVID-19

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, dr Try Setya Utami. ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Program vaksinasi COVID-19 terhadap tenaga kesehatan di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, terus berjalan dan dilaksanakan di seluruh puskesmas di daerah setempat.

"Hingga hari ini Selasa (2/2), sudah ada 215 orang atau capaian sementara vaksinasi tahap pertama sebesar 10,18 persen tenaga kesehatan yang divaksin,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, dr Try Setya Utami di Kuala Kapuas, Selasa.

Dijelaskannya, sasaran vaksin tenaga kesehatan di Kabupaten Kapuas ada sebanyak 2.113 orang. Dari jumlah tersebut, peserta yang sudah melakukan registrasi ulang sebanyak 2.099 orang. 

Dari jumlah itu, ada sebanyak 19 orang peserta yang ditunda vaksin dan 52 orang batal divaksin. Untuk peserta yang ditunda dan batal tersebut, karena alasan menyusui, hamil serta hipertensi.

“Untuk hari ini, Selasa (2/2) yang divaksin ada sebanyak 81 orang tenaga kesehatan,” katanya.

Sementara itu, vaksinasi tenaga kesehatan tahapan pertama di mulai pada Sabtu (30/1) kemarin, yang dimulai dilaksanakan Puskesmas Pulau Telo, dilanjutkan Puskesmas Barimba dan kemudian hari ini Puskesmas Melati dengan jumlah tenaga kesehatan yang divaksin 94 orang.

"Untuk tahap pertama ini, 94 orang yang akan menerima vaksin itu adalah pegawai kami dari Puskesmas Melati, baik itu dokter, tenaga perawat, bidan dan tenaga medis lainnya,” kata Pelaksana Tugas Kepala UPT Puskesmas Melati Muhammad Hipni.

Kegiatan vaksinasi ini, lanjutnya, dilaksanakan selama lima hari yaitu, hingga tanggal 6 Februari 2021 mendatang.

Adapun untuk vaksinasi hari kedua dan seterusnya nanti ditujukan untuk tenaga kesehatan dari RSUD, Dinas Kesehatan Kapuas, tenaga Laboratorium Kesehatan Daerah dan tenaga instalasi farmasi.

"Harapan kita, dengan adanya vaksinasi ini pandemi COVID-19 dapat segera diakhiri. Masyarakat juga diminta jangan khawatir, karena vaksin ini halal dan aman. Dapat kita lihat sendiri, tenaga kami dari Puskesmas Melati sangat antusias mengikuti vaksinasi ini," demikian Muhammad Hipni.

Baca juga: Dinas Pertanian sampaikan perkembangan food estate di Kapuas