Cara tingkatkan pembakaran kalori selama berhubungan intim

id pembakaran kalori ,berhubungan intim,Cara tingkatkan pembakaran kalori selama berhubungan intim

Cara tingkatkan pembakaran kalori selama berhubungan intim

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Penelitian menunjukkan, pria membakar rata-rata 101 kalori atau sekitar 4,2 kalori yang dibakar per menit saat berhubungan intim sementara wanita membakar rata-rata 69 kalori atau sekitar 3,2 per menit.

Hasil ini, seperti dilansir dari Insider, Senin, berasal dari studi kecil tahun 2013 yang membandingkan pembakaran kalori pasangan heteroseksual sehat dan muda yang menghabiskan 25 menit berhubungan intim versus berlari di treadmill selama 30 menit.

Para peneliti menemukan, selama sesi aktivitas seksual rata-rata termasuk foreplay dan setidaknya orgasme, pria membakar 101 kalori, dan wanita membakar 69,1 kalori.

"Ada semacam pengeluaran energi saat berhubungan seks tapi tidak terlalu besar," kata peneliti Antony Karelis, PhD, profesor di departemen ilmu olahraga di University of Quebec, Montreal.

Baca juga: Cara aman berhubungan intim bagi pengantin baru selama pandemi

Ulasan 2013 lainnya menyimpulkan hasil yang serupa. Menurut ulasan itu, seorang pria berusia 30 tahun-an mungkin hanya membakar 21 kalori selama hubungan jika dia berhubungan seks selama enam menit.

Waktu lima sampai enam menit tentang durasi rata-rata hubungan seksual, tidak termasuk pemanasan. Tentu saja, pengeluaran kalori bersifat individual, artinya Anda mungkin membakar sedikit lebih banyak atau lebih sedikit kalori daripada peserta studi ini.

Cara bakar lebih banyak kalori saat berhubungan intim

Pertama, siapa pun yang berada di atas mungkin melakukan sebagian besar gerakan dan kemungkinan akan mengeluarkan lebih banyak energi, yang berarti mereka akan membakar lebih banyak kalori.

Jadi, jika Anda ingin membakar lebih banyak kalori saat berhubungan seks, ambil kendali dan berada di posisi atas atau minta Anda dan pasangan bergiliran. Berkeringat adalah indikasi yang baik.

Baca juga: Berhubungan intim setelah kena serangan jantung, bolehkah?

Anda juga bisa membuat sesi bercinta berlangsung lebih lama dengan harapan bisa membakar lebih banyak kalori, tetapi ini lebih cenderung sulit dilakukan.

Profesor kesehatan seksual dan reproduksi di Indiana University School of Public Health, Debby Herbenick mengatakan, ada posisi seks yang tidak ada habisnya. Dia menyarankan Anda memilih posisi yang menyenangkan bagi Anda dan pasangan, bukannya fokus semata untuk membakar lima atau 10 kalori lebih banyak.

Selain membakar kalori, berhubungan intim bagi yang sudah menikah juga memberikan banyak manfaat kesehatan antara lain: mengurangi stres dan kecemasan, meningkatkan suasana hati dan kepercayaan diri, meningkatkan kualitas tidur, menurunkan tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meredakan nyeri,
mengurangi risiko kanker prostat pada pria dan memperkuat otot dasar panggul pada wanita.

Baca juga: Mampukah air panas bunuh bakteri penyebab 'pilek' pada organ intim?

Baca juga: Perbedaan keputihan dengan 'pilek' pada organ intim akibat GO

Baca juga: Amankah berhubungan intim selama pandemi corona?

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar