Surat BKN tentang pengangkatan CPNS hoaks

id pengangkatan CPNS,BKN,Surat BKN tentang pengangkatan CPNS hoaks,hoaks

Surat BKN tentang pengangkatan CPNS hoaks

Ilustrasi - Para peserta seleksi CPNS Kota Magelang mengikuti tahapan tes penerimaan pegawai. (ANTARA/HO-Bagian Prokompim Pemkot Magelang)

Jakarta (ANTARA) - Beredar foto sebuah surat mengatasnamakan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) di media sosial tentang pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipill (CPNS).

Foto lembaran surat tersebut berisi informasi pengangkatan seorang CPNS di unit kerja Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Provinsi DKI Jakarta, yang ada di bawah koordinasi Kementerian Dalam Negeri.

Termuat pula sejumlah data berupa nama, jabatan, serta gaji pokok CPNS tersebut.

"KEPUTUSAN MENTERI
NOMOR : 16332014-MENPAN-VI-2015
TENTANG PENGANGKATAN PERTAMA KALI DALAM JABATAN STATISTIK
MENTERI,"
demikian kutipan isi keterangan pada surat itu.

Namun, benarkah BKN mengeluarkan surat tentang pengangkatan CPNS itu?

Penjelasan:
Akun Instagram resmi BKN, @bkngoidofficial, dalam unggahannya pada 13 Maret 2021, mengonfirmasi surat itu bukanlah produk yang dikeluarkan instansi tersebut.

Badan yang mengatur proses seleksi aparatur negara itu menjelaskan surat tersebut terkait dengan kasus penipuan seorang korban yang dijanjikan seorang oknum menjadi CPNS tanpa tes pada 2016.

"Mimin kasih contoh salah satu kasus, di mana sejak 2016 oknum ini menjanjikan bisa membantu meluluskan CPNS dan korbannya baru sadar kena tipu di tahun ini," demikian keterangan dalam unggahan akun @bkngoidofficial.

"Jadi buat #SobatBKN yg punya cita-cita menjadi CPNS jgn coba2 berfikir akan bisa lulus tanpa ikut tes ya...," demikian penjelasan akun tersebut.

Klaim: Surat BKN tentang pengangkatan CPNS
Rating: Salah/Disinformasi
 
-