Petani di Seruyan mengeluh kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi

id Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bejo Riyanto ,DPRD Kabupaten Seruyan,Kabupaten Seruyan,Seruyan

Petani di Seruyan mengeluh kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi

Anggota DPRD Seruyan Bejo Rinyato di Kuala Pembuang, Senin (22/3/2021). ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang, Seruyan (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bejo Riyanto mengaku ada menerima keluhan dari petani di wilayah setempat, yang saat ini kesulitan untuk mendapatkan pupuk bersubsidi dari pemerintah.

Informasinya kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi itu karena pengelolaannya dilakukan oleh Distributor dan terkesan kurang transparan terkait ketersediaannya, kata Bejo Riyanto di Kuala Pembuang, Senin.

"Petani mengharapkan agar pengelolaan pupuk bersubsidi itu bisa transparan. Artinya kegunaannya itu benar-benar diperuntukkan bagi petani," ucapnya.

Wakil rakyat Seruyan itu pun mengingatkan kepada instansi terkait, dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, agar aktif dalam memantau dan mengawasi pupuk subsidi tersebut. Sebab, pupuk bersubsidi yang disediakan pemerintah pusat, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan petani agar dapat meningkatkan hasil pertaniannya.

Dia mengatakan pupuk subsidi pastinya untuk petani yang memang membutuhkan, digunakan untuk perkebunan dan lain sebagainya. Untuk itu, perlu pengawasan agar sesuai dengan peruntukannya.

"Biar penyebarannya tepat sasaran, harusnya ada pengawasan dari dinas terkait yang ada di Kabupaten Seruyan," kata Bejo.

Baca juga: Wabup Seruyan ingatkan pentingnya imunisasi bagi anak

Politisi Partai Amanat Nasional mengatakan bahwa dirinya selaku mitra DKPP Seruyan di Komisi I menekankan kepada Pemkab setempat agar mengevaluasi masyarakat petani yang ada di kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hantantiring.

Dia mengatakan data kebutuhan pokoknya dalam satu masa tanam, sehingga diketahui berapa pupuk yang diperlukan petani agar tidak terjadi keluhan seperti ini, karena yang mengetahui terpenuhi atau belum ini adalah dinas terkait.

"Tapi kalau sudah terpenuhi kenapa masih ada keluhan dari masyarakat dan seandainya memang ada keluhan itu maka ini harus dicari kesalahannya biar bisa dibenahi," jelas Bejo.

Ia menambahkan agar pupuk subsidi ini benar-benar diawasi penyalurannya, sehingga tidak di disalah gunakan dan dapat memenuhi keperluan petani.

Baca juga: Usai pilkades, Bupati Seruyan minta masyarakat tetap kompak

Baca juga: Ketua DPRD Seruyan minta dermaga setiap desa diperhatikan

Baca juga: Legislator Seruyan berharap pungutan penerimaan daerah dimaksimalkan

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar