Kapolresta pastikan suasana Palangka Raya saat Jumat Agung kondusif

id Kepala Polresta Palangka Raya, Kalimantan Tengah,Polresta Palangka Raya,Kota Palangka Raya,Kalteng,Kombes Pol Dwi Tunggal Jaladri ,Jaladri ,Jumat Agun

Kapolresta pastikan suasana Palangka Raya saat Jumat Agung kondusif

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo (kiri) didampingi beberapa pejabat utama polda setempat dan Kapolresta Palangka Raya Kombes Pol Dwi Tunggal Jaladri (dua dari kiri) melakukan pengecekan sejumlah gereja di kota setempat menjelang "Jumat Agung', Kamis (1/4/2021). ANTARA/Humas Polda Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Polresta Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kombes Pol Dwi Tunggal Jaladri memastikan perayaan Jumat Agung umat nasrani di wilayah setempat, berlangsung dengan aman serta tidak ada gangguan yang menonjol, meskipun adanya insiden penembakan di Markas Besar (Mabes) Polri beberapa waktu lalu.

"Sampai saat ini, kondisi daerah ini masih aman dan tidak ada gangguan kamtibmas yang begitu menonjol," kata Jaladri saat dihubungi ANTARA di Palangka Raya, Jumat.

Dirinya juga menegaskan telah mengerahkan dan menempatkan para personel Polresta untuk menjaga di seluruh gereja yang ada di Kota berjuluk Cantik ini. Hal itu sebagai upaya memberikan keamanan dan kenyamanan kepada seluruh umat nasrani dalam melaksanakan ibadah perayaan Jumat Agung di berbagai gereja.

Dia mengatakan personel yang turut dibantu TNI dalam pengamanan di seluruh gereja di wilayah ini, bahkan dilengkapi dengan senjata serta rompi anti peluru.

"Jadi, kalau ada hal-hal yang dianggap mengganggu keamanan dan kenyamanan pada saat ibadah, bisa langsung diambil tindakan tegas serta terukur," kata Jaladri.

Meskipun wilayah yang menjadi tanggung jawab Polresta Palangka Raya terlihat aman dan landai dari tindak kejahatan, namun Kapolresta memastikan tetap waspada serta mengantisipasi terjadinya hal-hal negatif di daerah itu terjadi.

"Selain melakukan pengamanan gereja, tim gabungan juga melakukan patroli skala besar dengan mengitari sejumlah daerah rawan terjadi tindak kejahatan serta gangguan kamtibmas," ucapnya.

Baca juga: Perayaan Jumat Agung di Sampit terapkan protokol kesehatan secara ketat

Dia menambahkan, semoga dengan iklim yang tentram dan nyaman seperti ini dapat dipelihara kedepannya sehingga masyarakat tidak terganggu dengan adanya hal-hal negatif yang bisa meresahkan masyarakat.

Apalagi setelah adanya penyerangan oleh terduga teroris di Mabes Polri beberapa waktu lalu, maka personel kepolisian setempat harus benar-benar siaga.

"Personel yang terlibat dalam kegiatan pengamanan 'Jumat Agung' dan perayaan Paskah, tidak boleh lengah dalam menjaga kamtibmas pada momen tersebut di daerah kita," ungkapnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, sebelumnya jelang 'Jumat Agung' dan Paskah Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo didampingi Kapolresta Palangka Raya melakukan pengecekan keamanan ke sejumlah gereja yang ada di kota itu.

Alhasil dalam pengecekan tersebut hingga sampai sekarang berjalan lancar dan dan tidak ada gangguan kamtibmas yang terbilang sangat menonjol terjadi.

Baca juga: ASN dan keluarganya dilarang bepergian selama libur Paskah

Baca juga: Menag Yaqut Cholil ajak umat Nasrani perkuat rasa kepedulian pada momen Paskah

Baca juga: Kapolri pastikan keamanan ibadah malam Jumat Agung