Legislator apresiasi terobosan KNPI Kotim

id Legislator apresiasi terobosan KNPI Kotim, Kalteng, KNPI Kotim, DPRD Kotim, Riskon Fabiansyah, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur

Legislator apresiasi terobosan KNPI Kotim

Anggota Komisi III DPRD Kotawaringin Timur Riskon Fabiansyah saat menghadiri pelatihan advokasi perempuan dan keprotokolan serta peresmian LBH Karya Pemuda KNPI Kotawaringin Timur, Jumat (23/4/2021). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, Riskon Fabiansyah mengapresiasi terobosan yang dilakukan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) setempat yang tetap menjalankan berbagai kegiatan sangat positif meski di tengah pandemi COVID-19.

"Kami sangat mengapresiasi. Di tengah pandemi, pemuda Kotim yang diinisiasi KNPI mampu mengisi kegiatan positif, apalagi di tengah pandemi dan bulan suci Ramadhan ini," kata Riskon di Sampit, Jumat.

Dewan Pengurus Daerah KNPI Kotawaringin Timur menggelar pelatihan advokasi perempuan dan keprotokolan selama dua hari pada Jumat dan Sabtu dalam rangka memperingati Hari Kartini tahun 2021. Kegiatan yang diikuti 40 peserta itu dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Kegiatan juga diisi dengan peresmian Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Karya Pemuda. LBH ini diisi oleh anggota KNPI Kotawaringin Timur yang memiliki latar belakang pendidikan hukum dan berprofesi sebagai advokat atau pengacara.

Menurut Riskon, kegiatan yang dilaksanakan ini sangat penting dan bermanfaat. Tema yang diangkat memang sangat bagus untuk menjadi bekal bagi pemuda.

Pelatihan advokasi perempuan diharapkan bisa memberi pemahaman dan pengetahuan bagi peserta sehingga mereka menjadi peka terhadap isu-isu menyangkut perempuan dan anak-anak. Hingga saat ini, kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak masih sering terjadi di Kotawaringin Timur sehingga memerlukan kepedulian semua pihak untuk mencegah dan menanganinya.

Politisi muda Partai Golkar ini mengapresiasi peserta pelatihan tidak hanya mahasiswi atau pemudi, tetapi juga mahasiswa atau pemuda karena isu perlindungan terhadap perempuan dan anak-anak ini perlu diketahui semua orang.

Baca juga: Pemuda Kotim dibekali pengetahuan advokasi perempuan dan keprotokolan

Sementara itu pelatihan keprotokolan juga bagus diikuti kaum muda, terlebih yang aktif di berbagai organisasi. Tujuannya agar mereka memahami betul tata cara keprotokolan sehingga dapat mengatur setiap kegiatan dengan baik.

Apresiasi tinggi disampaikan Riskon terkait pembentukan LBH Karya Pemuda oleh KNPI Kotawaringin Timur. Menurutnya ini sangat bagus karena akan sangat membantu bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum, apalagi ini tidak dipungut biaya.

Pria yang akrab disapa Eko ini mengaku bangga dengan terobosan-terobosan yang dibuat KNPI Kotawaringin Timur karena manfaatnya tidak hanya untuk anggota organisasi ini, tetapi juga masyarakat luas.

"Kita patut bangga, apalagi LBH Karya Pemuda ini merupakan yang pertama dan satu-satunya dimiliki KNPI di Kalimantan Tengah. Mudah-mudahan ini juga bisa menjadi contoh bagi kabupaten lain di Kalimantan Tengah," demikian Riskon.

Baca juga: PT Maju Aneka Sawit bantu perbaikan jalan lingkar selatan Sampit