PT Maju Aneka Sawit bantu perbaikan jalan lingkar selatan Sampit

id PT Maju Aneka Sawit bantu perbaikan jalan lingkar selatan Sampit, Kalteng, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur, PT MAS, MAS, Maju Aneka Sawit

PT Maju Aneka Sawit bantu perbaikan jalan lingkar selatan Sampit

General Manager Musim Mas Group Regional Kalimantan Tengah Rusli Salim menyerahkan bantuan dari PT Maju Aneka Sawit untuk perbaikan Jalan Mohammad Hatta atau lingkar selatan Sampit melalui GPPI Kotawaringin Timur, Kamis (22/4/2021). ANTARA/HO-PT MAS

Sampit (ANTARA) - Perusahaan besar perkebunan kelapa sawit PT Maju Aneka Sawit menyerahkan bantuan dana untuk membantu perbaikan Jalan Mohammad Hatta atau lingkar selatan Sampit.

"Kami berkomitmen membantu karena ini demi kepentingan kita bersama. Kami berusaha untuk terus membantu pembangunan daerah dan masyarakat Kotawaringin Timur," kata General Manager Musim Mas Group Regional Kalimantan Tengah Rusli Salim di Sampit, Jumat.

Ini merupakan tindak lanjut kesepakatan antara perusahaan perkebunan kelapa sawit untuk membantu memperbaiki kerusakan jalan lingkar selatan. Ini juga menjadi solusi bersama untuk penanganan darurat agar jalan yang menjadi akses menuju Pelabuhan Bagendang tersebut bisa fungsional dilewati, sambil menunggu perbaikan permanen oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Bantuan dari PT Maju Aneka Sawit diserahkan melalui Gabungan Pengusaha Perkebunan Indonesia (GPPI) Kabupaten Kotawaringin Timur yang mengkoordinir bantuan dari perusahaan perkebunan kelapa sawit untuk membantu perbaikan jalan tersebut.

Rusli Salim menjelaskan, bantuan ini merupakan komitmen dan keseriusan perusahaan mereka untuk membantu menangani masalah yang dihadapi daerah, kali ini di bidang infrastruktur. Terlebih, jalan tersebut memang dibutuhkan oleh semua pihak.

Rusli Salim mengatakan, ini merupakan sebagian bantuan yang diberikan PT Maju Aneka Sawit. Manajemen perusahaan berharap keberadaan perusahaan ini bisa terus memberi manfaat bagi masyarakat dan daerah.
Kondisi Jalan Mohammad Hatta atau lingkar selatan sudah bisa dilewati setelah ditangani dengan agregat B yang sebagian disumbang perusahaan perkebunan kelapa sawit, Jumat (23/4/2021). ANTARA/Norjani 

"Kami berharap kontribusi ini bisa bermanfaat, khususnya agar ruas jalan tersebut bisa digunakan dengan baik sehingga arus lalu lintas melalui jalan tersebut lancar," harap Rusli Salim.

Sementara itu Ketua GPPI Kotawaringin Timur Siswanto mengapresiasi komitmen PT Maju Aneka Sawit dalam membantu perbaikan jalan lingkar selatan. Dia berharap perusahaan lainnya juga segera merealisasikan bantuan yang telah disepakati tersebut.

"Ini komitmen bersama perusahaan perkebunan kelapa sawit yang ada di daerah ini untuk selalu membantu pemerintah daerah dan masyarakat. Bantuan yang diberikan tentu disesuaikan dengan kondisi perusahaan," kata Siswanto.

Sesuai kesepakatan bersama pemerintah daerah, perusahaan perkebunan kelapa sawit yang dikoordinir GPPI Kotawaringin Timur, berkontribusi Rp1 miliar. Bantuan diserahkan langsung ke lokasi dalam bentuk material agregat kelas B sesuai yang dibutuhkan pemerintah daerah untuk memperbaiki jalan tersebut.

GPPI berharap perbaikan jalan tersebut lancar sehingga lalu lintas juga kembali lancar. Lebih jauh diharapkan perbaikan permanen terhadap jalan tersebut segera dilaksanakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sehingga jalan bisa dilewati dengan aman dan nyaman, termasuk oleh kendaraan angkutan.

Baca juga: PT Maju Aneka Sawit berikan ribuan bibit ikan dan pakan untuk masyarakat