Dukung pelestarian, PT Maju Aneka Sawit lakukan 'restocking' ikan lokal

id Dukung pelestarian, PT Maju Aneka Sawit lakukan

Dukung pelestarian, PT Maju Aneka Sawit lakukan 'restocking' ikan lokal

PT MAS melaksanakan "restocking" atau pengayaan dengan menebar ikan sekitar 500 ekor ikan lokal ke Sungai Rinjau Desa Tanah Putih Kecamatan Telawang untuk pelestarian ikan khas lokal. ANTARA/HO-PT MAS

Sampit (ANTARA) - Perusahaan besar perkebunan kelapa sawit PT Maju Aneka Sawit turut membantu pelestarian ikan khas lokal di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah dengan melakukan "restocking" atau pengayaan ikan khas lokal setempat.

"Selain dalam rangka pelestarian, ini juga untuk membantu masyarakat dari segi ekonomi. Dalam beberapa bulan nantinya ikan-ikan ini diharapkan besar dan berkembang biak sehingga hasil tangkapan warga juga meningkat," kata General Manager Musim Mas Group Regional Kalimantan Tengah Rusli Salim melalui Humas PT Maju Aneka Sawit, David Mardiyan di Sampit, Selasa.

Upaya "restocking" atau pengayaan dilakukan oleh PT Maju Aneka Sawit dengan menebar ikan lokal di Sungai Rinjau Desa Tanah Putih Kecamatan Telawang. Ada sekitar 500 ekor ikan khas lokal jenis kakapar, papuyu dan lele lokal yang ditebar.

Penebaran ikan lokal ini disaksikan masyarakat setempat. Langkah ini diharapkan dapat membuat jenis ikan lokal terus berkembang biak sehingga tidak sampai punah.

Selain itu, penebaran ikan lokal ini juga untuk membantu agar hasil tangkapan ikan warga semakin banyak. Harapannya ini akan membantu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Selain "restocking" ikan khas lokal di sungai, PT Maju Aneka Sawit yang bernaung di bawah perusahaan besar Musim Mas Group ini juga memberikan bantuan ikan kepada warga untuk dibudidayakan.

"Kita tahu bahwa masih banyak warga kita yang mengandalkan penghasilan dari sektor perikanan. Kami berharap apa yang kami lakukan ini bermanfaat membantu agar hasil tangkapan maupun budidaya ikan bisa berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat," harap David.

Para pencari ikan diimbau tidak menangkap ikan dengan cara meracun atau putas karena dapat merusak ekosistem dan habitat ikan itu sendiri. Dampaknya, semakin lama populasi ikan akan terus berkurang, bahkan dikhawatirkan akan punah sehingga juga akan merugikan masyarakat.

PT Maju Aneka Sawit sangat peduli terhadap upaya pelestarian lingkungan. Selain pelestarian ikan khas lokal, perusahaan ini sebelumnya juga membantu bidang konservasi lingkungan dengan penanaman pohon.

Humas PT Maju Aneka Sawit, David Mardiyan melepas ikan khas lokal dalam kegiatan restocking" atau pengayaan ikan lokal ke Sungai Rinjau Desa Tanah Putih Kecamatan Telawang. ANTARA/HO-PT MAS

Beberapa waktu lalu PT Maju Aneka Sawit melaksanakan kegiatan konservasi dengan menanam tanaman lokal di Kebun Raya Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah untuk menambah koleksi tanaman di kebun raya tersebut.

Kebun Raya Sampit dibangun di km 28 hingga 32 Jalan Jenderal Sudirman, seluas 607,63 hektare meliputi Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Baamang dan Kotabesi. Kebun Raya Sampit yang ditargetkan paling lambat akan dibuka pada 2021 itu menjadi kebun raya terluas di negeri ini karena kebun raya terluas saat ini yaitu Kebun Raya Bukit Sari di Provinsi Jambi hanya seluas 425,50 hektare.

Kebun Raya Sampit akan menjadi pusat konservasi tumbuhan kerangas Kalimantan dengan ikon pohon damar Borneo (agathis borneensis warb). Tim ahli menemukan 155 jenis tumbuhan, 23 jenis burung, serta buah-buahan lokal di Kebun Raya Sampit.

Untuk menambah koleksi tanaman di kebun raya ini, PT Maju Aneka Sawit menyumbang vegetasi tanaman lokal untuk kebun raya tersebut.

Kegiatan seremoni konservasi lingkungan dan pengayaan koleksi tanaman kebun raya Sampit oleh PT Maju Aneka Sawit, masyarakat dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotawaringin Timur itu dilaksanakan Selasa (21/7/2020) lalu.

Kegiatan ditandai penandatanganan berita acara serah terima, dilanjutkan penanaman pohon dimulai oleh Dinas Lingkungan Hidup bersama manajemen PT Maju Aneka Sawit, pemerintah kecamatan, pemerintah desa dan masyarakat.

Bantuan vegetasi tanaman lokal yang diberikan PT Maju Aneka Sawit ditanam untuk empat hektare lahan di Kebun Raya Sampit. Setiap hektare ditanami 400 batang vegetasi tanaman lokal yaitu gaharu, mahoni, flamboyan dan meranti.

Selain untuk menambah koleksi tanaman di Kebun Raya Sampit, kegiatan ini juga untuk membantu pelestarian tanaman-tanaman lokal khas daerah ini. Program ini juga sekaligus mendukung upaya pemerintah mengembangkan sektor pariwisata alam dengan meningkatkan pengembangan Kebun Raya Sampit.

Sebelumnya, PT Maju Aneka Sawit juga membantu Kebun Raya Sampit dengan membangun jalan di kebun tersebut. Pembangunan dilaksanakan bersama PT Sukajadi Sawit Mekar yang sama-sama bernaung di bawah Musim Mas Group. PT Sukajadi Sawit Mekar membantu pembangunan jalan Kebun Raya Sampit sepanjang 593 meter, sedangkan PT Maju Aneka Sawit membantu sepanjang 1.072 meter.

Baca juga: PT Maju Aneka Sawit berikan bantuan ikan lele untuk masyarakat

Baca juga: PT Maju Aneka Sawit-PKS MAS tanam 1.600 tanaman lokal tambah koleksi Kebun Raya Sampit

Baca juga: PT Maju Aneka Sawit bantu korban banjir di dua desa


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar