Puluhan penumpang berangkat dari Bandara Tjilik Riwut

id Bandara tjilik riwut palangka raya, mudik, pesawat penumpang, penerbangan kargo, larangan mudik, garuda indonesia, kalteng, kalimantan tengah

Puluhan penumpang berangkat dari Bandara Tjilik Riwut

Personel AP II Bandara Tjilik Riwut dan instansi terkait lainnya melakukan persiapan sebelum bertugas, Palangka Raya, Kamis, (6/4/2021). (ANTARA/Ho-AP II)

Semua memenuhi persyaratan dan bisa berangkat
Palangka Raya (ANTARA) - Tercatat ada tiga jadwal penerbangan di Bandara Tjilik Riwut Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah pada Jumat (7/5), terdiri dari satu penerbangan penumpang dan dua penerbangan kargo.

Eksekutif General Manager (EGM) Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Tjilik Riwut, Siswanto di Palangka Raya, Jumat, mengatakan, satu penerbangan penumpang tersebut merupakan pesawat Garuda Indonesia yang mengangkut puluhan orang.

"Ada sebanyak 94 orang penumpang yang berangkat," katanya saat dihubungi ANTARA.

Penerbangan pesawat Garuda Indonesia hari ini, menjadi yang pertama dan satu-satunya untuk penumpang sejak dimulainya pembatasan aktivitas transportasi udara di masa peniadaan mudik Lebaran oleh pemerintah pada 6-17 Mei 2021.

Sebelumnya pada Kamis (6/5) tidak ada penerbangan pesawat penumpang di Bandara Tjilik Riwut dan hanya ada aktivitas penerbangan pesawat kargo.

Baca juga: Sejumlah maskapai di Bandara Tjilik Riwut sementara tak beroperasi

Baca juga: Alat uji rapid antigen di Bandara Tjilik Riwut dipastikan baru


Adapun dari 94 penumpang yang berangkat tersebut didominasi oleh mereka dengan kepentingan pekerjaan atau berkaitan perjalanan dinas.

Siswanto mengatakan, pihaknya belum ada menemukan penumpang yang tidak memenuhi syarat untuk melakukan perjalanan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah saat ini.

"Semua memenuhi persyaratan dan bisa berangkat," ungkap EGM Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Tjilik Riwut tersebut.

Adapun jumlah 94 orang penumpang itu, masih masuk dalam kategori normal, yakni dengan kapasitas pesawat mampu mencapai sekitar 160 orang apabila penuh.

Sebelumnya Siswanto telah menyampaikan sejumlah maskapai telah memberitahukan kepada pihaknya untuk tidak beroperasi sementara ini.

Hal itu ia sampaikan di sela kegiatan talkshow Ramadhan Bandara dengan tema pengendalian transportasi udara pada masa angkutan Lebaran 1442 Hijriah.

Maskapai yang tak beroperasi untuk sementara itu, diantaranya seperti Citilink dan Lion Air. Selain itu Susi Air yang memiliki rute penerbangan perintis di wilayah Kalimantan Tengah juga memutuskan tak beroperasi sementara.

Sedangkan Garuda Indonesia tetap beroperasi pada 6-17 Mei 2021 tersebut dengan rute Palangka Raya-Jakarta, hanya saja jumlah penerbangannya dikurangi jika dibandingkan biasanya.

"Itu pun yang diangkut Garuda Indonesia hanya para penumpang sesuai dengan ketentuan khusus, diantaranya keperluan dinas maupun alasan lainnya yang diperbolehkan dalam aturan," jelasnya.

Baca juga: Bandara Tjilik Riwut sediakan layanan GeNose C19

Baca juga: Kini tersedia fasilitas menginap di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar