Bupati Murung Raya minta pembelajaran SDN Tumbang Tabulus tetap berjalan

id Bupati Murung Raya minta pembelajaran SDN Tumbang Tabulus tetap berjalan, kalteng, murung raya, mura

Bupati Murung Raya minta pembelajaran SDN Tumbang Tabulus tetap berjalan

Bupati Murung Raya, Perdie M. Yoseph menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran di Dusun Tumbang Tabulus, Desa Tumbang Naan, Kecamatan Seribu Riam, Jumat (7/5/2021). ANTARA/Supriadi

Puruk Cahu (ANTARA) - Bupati Murung Raya, Kalimantan Tengah, Perdie M  Yoseph meminta proses kegiatan belajar mengajar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tumbang Tabulus, Desa Tumbang Naan, Kecamatan Seribu Riam tetap berjalan meskipun sekolah itu dilanda musibah kebakaran pada Rabu (5/5) lalu.

"Kita meminta agar kegiatan belajar mengajar pada SDN ini tetap harus dilaksanakan, meski mereka sudah tidak memiliki gedung sekolah," katanya, saat meninjau lokasi kebakaran.

Ia mengatakan, sebagai solusinya, bangunan rumah dinas guru milik Dinas Pendidikan yang letaknya berdekatan dengan gedung sekolah yang terbakar tersebut bisa difungsikan menjadi ruang kelas untuk sementara waktu.

"Kita pastikan aktivitas belajar mengajar tetap bisa dimulai pada 31 Mei 2021 nanti," ucap orang nomor satu di kabupaten yang berjuluk Bumi Tana Malai Tolung Lingu itu saat bertatap muka dengan para guru dan orangtua murid di lokasi kebakaran SDN Tumbang Tabulus.

Menurut dia, pemerintah tidak boleh pasrah dengan keadaaan. Dia memerintahkan Kepala Dinas Pendidikan untuk segera melakukan langkah mempersiapkannya agar ada ruang belajar bagi siswa.

Kebakaran gedung SDN Tumbang Tabulus itu menyebabkan sebanyak 53 siswa terdampak dan kehilangan tempat belajar. Untuk sementara ini para guru diminta tetap memberikan tugas rumah kepada murid.

Dikatakannya, pembangunan gedung baru ini akan dipercepat mendahului APBD Perubahan tahun 2021, sehingga pembangunannya bisa dilaksanakan pada Juni 2021 mendatang.

"Estimasi pembangunannya memerlukan waktu selama empat bulan, jadi 1 Oktober 2021 mendatang gedung baru sudah bisa digunakan untuk kegiatan proses belajar mengajar," beber Perdie.

Baca juga: DMI Mura ingatkan takbiran tetap jalankan protokol kesehatan

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Murung Raya, Ferdinand Wijaya menyebutkan untuk bangunan sekolah yang terbakar telah dilaporkan pihaknya ke pemerintah pusat karena masuk program "block grant"

"Karena hal ini harus diketahui pemerintah pusat, sehingga kedepan kita bisa dapat bantuan untuk bangunan baru. Untuk APBD pembangunannya untuk tiga ruang kelas, sementara tiga ruang kelasnya bisa diteruskan menggunakan APBN," bebernya.

Acara peninjauan lokasi bangunan sekolah yang terbakar tersebut dihadiri Ketua DPRD Murung Raya, Doni, Kepala Dinas PUPR, Paulus, dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Murung Raya, Kariadi.

Pada kesempatan itu, Bupati Perdie M. Yoseph menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran, di Dusun Tumbang Tabulus, Desa Tumbang Naan, Kecamatan Seribu Riam.

Baca juga: Kejari Mura perkuat sinergi bersama insan pers