Puskesmas Kurun siap fasilitasi lansia ikut vaksinasi COVID-19

id Puskesmas Kurun siap fasilitasi lansia ikut vaksinasi COVID-19, Kalteng, Gumas, gunung mas

Puskesmas Kurun siap fasilitasi lansia ikut vaksinasi COVID-19

Suasana vaksinasi COVID-19 di Desa Tumbang Tambirah, Kecamatan Kurun, Jumat (7/5/2021). ANTARA/HO-Puskesmas Kurun

Kuala Kurun (ANTARA) - Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kurun, Kabupaten Gunung Mas,  Kalimantan Tengah,  Vera Crista mengatakan pihaknya akan melaksanakan vaksinasi Covid-19 di puskesmas tersebut, Senin (17/5) besok.

“Vaksinasi COVID-19 yang akan kami lakukan menyasar lansia (lanjut usia) dan tenaga pendidik. Bagi lansia yang tidak mempunyai sarana transportasi ke puskesmas, kami akan jemput dan antar menggunakan ambulans,” ucapnya di Kuala Kurun, Minggu.

Dia menyebut, dengan adanya layanan jemput antar menggunakan ambulans, maka diharap lansia tidak mengalami kendala saat ingin mengikuti vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Kurun yang terletak di Jalan Tamanggung Panji I Nomor 18, Kota Kuala Kurun.

Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi petugas Puskesmas Kurun di nomor 0813 5196 0809 atau di nomor 0822 9806 0229.

Lebih lanjut, Puskesmas Kurun baru saja melaksanakan pelayanan vaksinasi COVID-19 ke Desa Tumbang Tambirah pada Jumat (7/5), Tumbang Manyangan pada Sabtu (8/5), dan Penda Pilang pada Senin (10/5).

Dia menerangkan, pelayanan vaksinasi COVID-19 di tiga desa yang berada di Kecamatan Kurun tersebut menyasar kepada kaum lansia dan tenaga pendidik yakni guru dan pengawas.

Di Tumbang Tambirah ada 23 warga lansia yang datang untuk mengikuti vaksinasi COVID-19, namun ada satu lansia yang tidak lolos skrining, sehingga saat itu hanya 22 lansia yang disuntik vaksin COVID-19.

Baca juga: Edukasi vaksinasi COVID-19 bagi lansia tak hanya tugas nakes

“Di Tumbang Manyangan ada 15 lansia yang ingin mengikuti vaksinasi COVID-19, namun lima lansia tidak lolos skrining, sehingga saat itu hanya 10 lansia yang disuntik vaksin COVID-19,” bebernya.

Kemudian di Penda Pilang ada 20 lansia yang ingin mengikuti vaksinasi COVID-19, namun lima lansia tidak lolos skrining, sehingga saat itu hanya 15 lansia yang disuntik vaksin COVID-19.

Dia pun meminta kepada lansia di Kuala Kurun yang belum menjalani vaksinasi COVID-19 agar tidak ragu untuk mengikuti vaksinasi, karena vaksin sudah terbukti aman dan dinyatakan halal.

“Bagi warga yang sudah disuntik vaksin COVID-19 saya imbau agar tetap menaati protokol kesehatan yakni mengenakan masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir, menghindari kerumunan, menjaga jarak, dan mengurangi mobilisasi,” demikian Vera. 

Baca juga: ASN Gumas diingatkan jangan menambah libur