Polda Kalteng terjunkan personel bantu pengendara melintasi jalan terendam banjir

id Polda Kalteng terjunkan personel bantu pengendara melintasi jalan terendam banjir, Kalteng, Palangka Raya

Polda Kalteng terjunkan personel bantu pengendara melintasi jalan terendam banjir

Personel Ditlantas Polda Kalteng dan Polsek Kahayan Tengah membantu pengendara yang melintas di ruas Jalan Trans Kalimantan di Kabupaten Pulang Pisau yang terendam akibat luapan DAS Kahayan, Selasa (25/5/2021). ANTARA/HO-Humas Polda Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah menurunkan personel untuk mengatur lalu lintas dan membantunya warga melintasi ruas Jalan Trans Kalimantan Poros Tengah yang terendam banjir akibat luapan Sungai Kahayan.

"Personel yang berada di lokasi ruas jalan yang terendam banjir, membantu pengendara yang hendak melintas baik dari Kota langka Raya menuju kabupaten tetangga atau sebaliknya agar mereka tidak terjatuh karena jalan tidak terlihat," kata Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo melalui Direktur Lalu Lintas Kombes Pol Rifki di Palangka Raya, Selasa.

Ruas Jalan Trans Kalimantan Poros Tengah yang terendam banjir tersebut berada di Desa Penda Barania Kecamatan Kahayan Tengah Kabupaten Pulang Pisau. Ruas jalan ini menghubungkan Kota Palangka Raya dengan sejumlah kabupaten seperti Kabupaten Pulang Pisau, Gunung Mas dan empat kabupaten yang ada di wilayah Barito.

Polisi mengatur lalu lintas agar tidak sampai terjadi kemacetan parah. Selain itu polisi juga mengarahkan pengendara agar tidak sampai terperosok ke kubangan.

Perwira Polri berpangkat melati tiga itu juga mengimbau, agar masyarakat ketika melintas untuk selalu berhati-hati. Apalagi pada titik-titik tertentu kedalaman air mencapai 30 centimeter dan berpotensi menyebabkan kecelakaan, sebab ada sejumlah lubang di bahu dan badan jalan.

Mengurangi kecepatan juga salah satu bentuk hati-hati, sehingga juga dapat mencegah terjadinya kecelakaan ketika dalam kondisi jalan yang sedang dalam genangan luapan air sungai itu.

Baca juga: Dishub Palangka Raya diminta maksimalkan penertiban parkir liar

"Kurangi kecepatan saat melintasi genangan air, berhati-hati dan selalu utamakan keselamatan. Keluarga menanti di rumah," ucap Rifki.

Rifki menambahkan, bagi pengendara yang melintas di daerah banjir diminta selalu memperhatikan rambu maupun petunjuk jalan yang sudah disediakan. 

Untuk mengantisipasi kemacetan dan kecelakaan yang disebabkan jalan berlubang, Ditlantas Polda Kalteng telah menerjunkan satu regu Patroli Jalan Raya (PJR) ditambah dengan personel dari Polsek Kahayan Tengah untuk membantu pengendara yang melintas.

"Personel kami sudah turun ke lapangan untuk memberikan petunjuk kepada pengendara mengantisipasi terjadinya kecelakaan," demikian Rifki.

Baca juga: Kalteng Putra tunggu kejelasan kompetisi Liga 2

Baca juga: Polisi tetapkan sopir DAMRI tersangka dalam kasus laka tunggal