Dinsos Kalteng laksanakan penyusunan laporan logistik bencana

id Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah, Dinsos Kalteng, Dinas Sosial Kalimantan Tengah, Kalteng, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Kalteng, Farid W

Dinsos Kalteng laksanakan penyusunan laporan logistik bencana

Peserta penyusunan laporan logistik bencana yang diselenggarakan Dinas Sosial Kalteng yang dipusatkan di Kota Palangka Raya berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan apapun, Senin (21/6/2021). ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan kegiatan penyusunan laporan logistik bencana pada semester I, diikuti oleh perwakilan dinsos kabupaten satu kota se-provinsi setempat yang dipusatkan di Kota Palangka Raya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Kalteng Farid Wajdi saat membuka kegiatan di Palangka Raya, Senin, mengatakan kegiatan ini diikuti 32 orang perwakilan Dinsos se-Kalteng yang terdiri dari 14 Aparatur Sipil Negara, tenaga pelopor perdamaian sebanyak 14 orang  dan tokoh masyarakat dari Kota Palangka Raya empat orang.

"Tujuan kegiatan ini agar tersedianya kebutuhan administrasi penunjang operasional pelaporan logistik di Dinsos Kalteng dan kabupaten/kota," kata Farid.

Ia menuturkan, Provinsi Kalteng yang memiliki luas dua kali pulau Jawa itu secara geografis mempunyai daratan wilayah yang sangat rendah dan memiliki lima anak sungai, sehingga sangat lah rentan akan terjadinya bencana alam seperti banjir, angin puting beliung, tanah longsor serta lain sebagainya.

Maka dari itu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, instansi terkait melakukan penyusunan laporan logistik bencana sehingga ketika terjadi hal tersebut Dinsos langsung bergerak sesuai dengan ketentuannya.

"Dilihat dari hal tersebut, maka untuk mengantisipasi pemulihan akibat terjadinya bencana tentunya menjadi tugas pemerintah setempat, salah satunya dengan melakukan tindakan seperti menjamin ketersediaan barang bantuan bagi korban terdampak bencana," ucapnya.

Dengan adanya ketersediaan barang bantuan bencana, tentunya dan membentuk kelompok ketersediaan sosial dengan pola kearifan lokal di seluruh Kalteng. Ketersediaan logistik yang nantinya dimiliki untuk membantu para korban yang tertimpa bencana alam, tentunya dapat membantu warga Kalteng yang benar-benar memerlukan bantuan tersebut.

Baca juga: Dinsos Kalteng terus tingkatkan kualitas tenaga kesejahteraan sosial

"Pada intinya Dinsos Kalteng akan mendistribusikan bantuan tersebut ke gudang logistik bencana Dinsos ke kabupaten atau kota, yang mana barang persediaan bantuannya sudah habis," tandas Farid.

Kegiatan penyusunan laporan logistik bencana yang dilaksanakan di Kota Palangka Raya, kegiatannya berjalan dengan lancar bahkan juga menerapkan aturan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Baca juga: Panti sosial binaan Dinsos Kalteng dipastikan terapkan prokes secara ketat

Baca juga: Dinsos Kalteng kerahkan pendamping dukung percepatan vaksinasi lansia