Palangka Raya luncurkan program PEP untuk tanggulangi kemiskinan

id Palangka Raya luncurkan program PEP untuk tanggulangi kemiskinan, kalteng, Palangka raya, sosial

Palangka Raya luncurkan program PEP untuk tanggulangi kemiskinan

Penjabat Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu (tengah) menyerahkan bantuan PEP pada keluarga penerima manfaat. ANTARA/HO-Prokom Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) meluncurkan program Pahlawan Ekonomi Palangka Raya (PEP) sebagai salah satu upaya untuk menanggulangi kemiskinan di daerah setempat.

"Dengan diresmikannya PEP ini, sebanyak 153 kepala keluarga sebagai penerima manfaat akan mendapatkan bantuan sosial," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu di Palangka Raya, Jumat.

Dia menerangkan, melalui Dinas Sosial Kota Palangka Raya, program PEP ini memberikan bantuan sosial senilai Rp2,5 juga kepala setiap keluarga sebagai penerima manfaat.

Hera menambahkan, bantuan program Pahlawan Ekonomi Palangka Raya ini akan digunakan untuk pembangunan usaha. Prosesnya pun akan dipandu tim dari Kementerian Sosial (Kemensos).

"Kemensos RI nantinya akan memberikan pembekalan serta bimbingan teknis kepada para penerima manfaat. Semoga program ini dapat meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi angka kemiskinan," katanya.

Dia menerangkan, program Pahlawan Ekonomi Palangka Raya ini merupakan tindak lanjut program Pahlawan Ekonomi Nasional dari Kemensos.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Palangka Raya, Aratuni Djaban mengatakan, Pemerintah Kota Palangka Raya juga tengah fokus dalam menangani kemiskinan ekstrem dengan peningkatan berbagai kualitas layanan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Beberapa langkah terkait penanggulangan kemiskinan antara lain meningkatkan koordinasi dan sinergi antara instansi terkait dalam penyusunan dan pelaksanaan program-program penanggulangan kemiskinan hingga tingkat kelurahan," katanya.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya-Bank Kalteng kerja sama kredit pemerintah

Sebagai langkah awal, lanjut Aratuni, organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemkot Palangka Raya menyusun program kerja dalam rangka pengentasan kemiskinan yang berkolaborasi dengan seluruh perangkat daerah.

Apalagi, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kota Palangka Raya, mencatat, sebanyak 7.900 warga setempat terindikasi masuk pada kemiskinan ekstrem.

Aratuni menambahkan, pemkot juga menyediakan mekanisme dan instrumen bantuan sosial yang tepat sasaran, transparan, akuntabel, dan berkelanjutan, serta menghindari tumpang tindih dan penyalahgunaan.

“Kami juga berupaya meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat, terutama kelompok miskin dan rentan, dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program penanggulangan kemiskinan,” kata Aratuni.

Di sisi lain, dalam rangka penanganan kemiskinan ekstrem, pemerintah setempat menindaklanjuti arahan pemerintah pusat dalam melaksanakan intervensi pengendalian pangan untuk mendukung Program Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

Hal ini sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Melalui Program Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

"Ada tiga strategi yang bersama-sama pemerintah lakukan untuk menyukseskan program ini, meliputi penurunan jumlah kantong-kantong kemiskinan, pengurangan beban pengeluaran dan peningkatan pendapatan," katanya.

Baca juga: Neo Palma Palangka Raya sediakan Promo THR dan Pahala sambut Lebaran

Baca juga: DPRD Kalteng dukung penuh Paskah Nasional di Palangka Raya

Baca juga: Kuatkan mental dan sosial, anak binaan di Rutan Palangka Raya diberikan pembinaan