Bupati Kobar dorong masyarakat tingkatkan kemampuan hadapi era digitalisasi

id Pemkab kobar, bupati kobar, nurhidayah, pangkalan bun, literasi digital, indonesia makin cakap digital, digitalisasi, kalteng, kalimantan tengah

Bupati Kobar dorong masyarakat tingkatkan kemampuan hadapi era digitalisasi

Bupati Kobar Nurhidayah (kiri atas) saat membuka Webinar Indonesia Makin Cakap Digital, Pangkalan Bun, Kamis, (1/7/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah Nurhidayah mendorong agar masyarakat dapat berpacu meningkatkan pemahaman serta kemampuan yang dimiliki menghadapi era digitalisasi.

Dalam hal ini, pemerintah berupaya membantu masyarakat mewujudkannya melalui gerakan literasi digital berupa rangkaian Webinar Indonesia Makin Cakap Digital, kata Nurhidayah saat membuka kegiatan webinar untuk wilayah Kotawaringin Barat, Kamis.

"Gerakan literasi digital ini secara resmi telah diluncurkan oleh pemerintah pusat," katanya saat membuka kegiatan melalui konferensi video.

Adapun pengembangan terkait digitalisasi merupakan tindaklanjut instruksi presiden. Melalui rangkaian kegiatan ini pihaknya berharap mampu mendorong peningkatan kemampuan literasi digital bagi seluruh masyarakat, khususnya di wilayah Kotawaringin Barat.

"Kami harapkan masyarakat agar lebih siap dalam menghadapi berbagai perubahan dan tantangan di era digitalisasi," terangnya.

Selain itu peningkatan sumber daya manusia (SDM) di era digitalisasi ini diharapkan mampu menjadi pondasi kuat dalam menghadapi berbagai pengaruh atau konten negatif, seperti hoaks, perjudian, perundungan siber, konten radikalisme dan lainnya.

Nurhidayah menyampaikan, selain meminimalkan konten negatif, tugas bersama lainnya yakni memastikan setiap anak bangsa mampu mengoptimalkan penggunaan internet, sehingga pada akhirnya internet bisa memberi nilai tambah bagi pembangunan daerah maupun masyarakat.

"Melalui kegiatan ini semoga kecakapan digital masyarakat semakin meningkat meningkat," terangnya.

Sementara itu dalam webinar ini ada beberapa narasumber yang membawakan materi berbeda. Seperti Peneliti dan Pengajar Rony Teguh yang membahas tentang perlindungan kepada keamanan data diri sebagai digital aset.

Kemudian Food Reviewer Rizky Rachmadani membahas tentang pentingnya memiliki digital skills di masa pandemi, Perwakilan Mafindo Jakarta Silma Agbas membahas tentang informasi, identitas dan jejak digital di media sosial, serta Founder ahliWeb.com Unggul Cahya Saputra yang membahas tentang peran dan fungsi e-market dalam mendukung produk lokal.