Bupati Gunung Mas harapkan warganya makin cakap digital

id Bupati Gunung Mas, Webinar Literasi Digital ,Bupati Gunung Mas harapkan warganya makin cakap digital,gumas

Bupati Gunung Mas harapkan warganya makin cakap digital

Seorang warga Kuala Kurun mengikuti Webinar Literasi Digital Kabupaten Gumas secara daring, di Kuala Kurun, Kecamatan Kurun, Kabupaten Gumas, Jumat (13/8/2021). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Jaya S Monong secara resmi membuka acara Webinar Literasi Digital kabupaten setempat secara dalam jaringan (daring), Jumat.

“Saya berharap webinar ini dapat diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat Gumas. Semoga nantinya Gumas makin cakap digital,” kata orang nomor satu di kabupaten bermoto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini.

Dia menyebut, di era digital saat ini banyak sekali konten-konten negatif yang beredar di internet, yang dapat merusak kehidupan di masyarakat maupun kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, tutur dia, pemerintah diwajibkan untuk mendorong dan mengembangkan pengetahuan masyarakat di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK), serta dalam rangka memacu tingkat kecakapan transformasi dan literasi digital, dalam pemanfaatan TIK.

Dia menyebut, pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama mitra jejaring Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, telah menyusun sebuah peta jalan literasi digital tahun 2021-2024.

Baca juga: Anggota DPR RI akan perjuangkan penambahan polsek di Gumas

Peta jalan literasi digital 2021-2024 tersebut, sambung suami dari Mimie Mariatie ini, bertujuan untuk meningkatkan partisipasi digital masyarakat, dalam rangka mewujudkan Indonesia makin cakap digital.

Ayah dari Zefanya Naila dan Ester Gloria ini menjelaskan, dalam peta jalan literasi digital 2021-2024 telah dirumuskan empat kerangka dalam menyusun kurikulum literasi digital yakni digital skill, digital culture, digital ethics, dan digital safety.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat, karena Gumas ditunjuk sebagai salah satu kabupaten dalam mewujudkan Indonesia makin cakap digital, pada kick off yang dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2021 oleh Bapak Presiden RI,” paparnya.

Dalam webinar tersebut hadir sejumlah narasumber yakni Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Gumas Esra yang membahas tantangan dan peluang pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi COVID-19.

Narasumber lainnya adalah musisi Rika Roeslan yang membahas tema bebas tapi terbatas berekspresi di media sosial, Co-Founder dan CMO of Bicara Project Cika Audika dengan materi kenali dan pahami rekam jejak di era digital, serta Ketua PGRI Gumas Suwandi yang membahas kewargaan digital.

Baca juga: Tunjukkan solidaritas, Bawaslu Gumas salurkan bantuan kepada nakes

Baca juga: Kabupaten Gunung Mas siapkan ruang isolasi terpusat di kecamatan

Baca juga: Legislator Gumas masih temukan pedagang pasar tidak gunakan masker