Mengoptimalkan pemanfaatan medsos sebagai sarana komunikasi yang sehat

id Literasi digital, gerakan nasional literasi digital, siberkreasi, indonesia makin cakap digital

Mengoptimalkan pemanfaatan medsos sebagai sarana komunikasi yang sehat

Webinar Indonesia Makin Cakap Digital wilayah Pulang Pisau, Kamis, (26/8/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Keberadaan media sosial diharapkan dapat menjadi ruang publik untuk mendudukkan proses dialog yang sehat dalam berkomunikasi, agar terwujud informasi serta harmonisasi yang serasi.

"Medsos diharapkan menjadi platform dalam rangka menciptakan diseminasi gagasan secara rasional dan menyejukkan," kata Ketua KNPI Pulang Pisau Bahrianoor dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital, Kamis.

Untuk itu ia mengingatkan pentingnya etika dalam menggunakan media sosial, diantaranya memberikan informasi dengan bijak, berkomunikasi dengan sopan santun, tidak menyebarkan konten pornografi dan tidak mengganggu SARA.

Kemudian sebuah opini agar dipastikan disertai fakta maupun data, mengecek dan memastikan informasi, menghargai hak cipta dan menyebutkan sumber, serta menghindari penggunaan identitas palsu.

Lebih lanjut disampaikannya, masyarakat sebagai pengguna media sosial juga perlu memahami apa saja pengaruh yang diberikan oleh media sosial.

Seperti tidak hanya mengubah cara penyampaian informasi, tetapi juga mengubah cara masyarakat mengonsumsi informasi, siapa pun pengguna internet maka dapat berperan dalam penyebaran suatu informasi.

Masyarakat sebagai pengguna medsos juga harus berhati-hati dengan sebaran hoaks atau kabar bohong, karena informasi atau kabar yang seringkali disampaikan dalam media sosial juga banyak ditemui yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya atau terindikasi hoaks.

Dijelaskannya dalam survei yang dilakukan Mastel (2017) dari 1.146 responden, 44,3 persen diantaranya menerima hoaks setiap hari dan 17,2 persen menerima hoaks lebih dari satu kali dalam sehari.

Untuk itu melalui gerakan nasional literasi digital dalam rangkaian kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital, diharapkan agar masyarakat di seluruh penjuru nusantara semakin cakap digital, termasuk bijak dalam bermedia sosial.

Seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo, diharapkan dengan semakin cakap digital masyarakat mampu 'membanjiri' ruang digital dengan konten positif serta bermanfaat.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021