Pemkab Katingan berkomitmen tingkatkan kualitas pelayanan PAUD

id Pemkab Katingan berkomitmen tingkatkan kualitas pelayanan PAUD, Kalteng, katingan

Pemkab Katingan berkomitmen tingkatkan kualitas pelayanan PAUD

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Edriyanto (tengah) dan Bunda PAUD Kabupaten Katingan Daurwaty Sakariyas (masker merah) berfoto bersama usai pembukaan bimtek pengelolaan lingkungan belajar berkualitas, Senin (20/9/2021). ANTARA/HO-Fb Diskominfo Katingan

Kasongan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah melalui Dinas Pendidikan setempat terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

"Dalam rangka peningkatan pelayanan PAUD maka dilaksanakan kegiatan bimbingan teknis pengelolaan lingkungan belajar berkualitas," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Katingan Edriyanto di Kasongan, Senin.

Edriyanto menjelaskan kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan setempat selama dua hari, yakni pada 20 dan 21 September 2021 yang diikuti oleh Pusat Kegiatan Gugus (PKG) se-Kabupaten Katingan.

Menurut Edriyanto, PAUD adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun.

Pendidikan tahapan ini dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.

PAUD merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan enam perkembangan yaitu agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional dan seni.

Perkembangan itu sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan sesuai kelompok usia yang dilalui oleh anak usia dini seperti yang tercantum dalam Permendikbud 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD (menggantikan Permendiknas 58 tahun 2009).

Baca juga: Masyarakat Katingan diminta pahami pembatalan keberangkatan haji 2021

Sementara itu, Bunda PAUD Kabupaten Katingan Daurwaty Sakariyas saat membuka acara itu mengatakan kualitas layanan PAUD perlu terus diupayakan sebagai bentuk perwujudan mutu lembaga yang berkualitas.

Istri orang nomor satu di Kabupaten Katingan ini menyebutkan salah satu cara yang dilakukan untuk peningkatan kualitas diantaranya dengan mengembangkan dan menginovasi pembelajaran PAUD. 

"Pusat Kegiatan Gugus (PKG) merupakan wadah koordinasi antar gugus PAUD dalam meningkatkan kompetensi guru PAUD, sehingga perlu didukung oleh profesionalnya pendidik dan tenaga kependidikan," jelas Daurwaty. 

Untuk itu, tambah Daurwaty, PKG harus aktif sebagai wadah untuk saling bertukar informasi serta sebagai wahana pembinaan pendidik dan tenaga pendidikan dalam pengembangan kreasi dan inovasi pembelajaran.

"Sehingga tercipta kemajuan dunia pendidikan, khususnya PAUD," demikan Daurwaty.

Baca juga: Pemkab Katingan terima bantuan dari Hulu Sungai Tengah