Nelayan tambak Pulang Pisau usulkan peningkatan jalan

id Nelayan tambak Pulang Pisau usulkan peningkatan jalan, Kalteng, pulang pisau

Nelayan tambak Pulang Pisau usulkan peningkatan jalan

Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang dalam kunjungan kerja di Desa Sei Pudak Kecamatan Kahayan Kuala untuk menemui sejumlah petani tambak, Rabu (13/10/2021). ANTARA/HO-Bagian Protokol Setda Pulang Pisau

Pulang Pisau  (ANTARA) - Bupati Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah Pudjirustaty Narang mengatakan pemerintah setempat berusaha untuk terus meningkatkan akses infrastruktur jalan menuju lokasi perikanan tambak yang ada di Kecamatan Kahayan Kuala. 

“Secara bertahap pemerintah setempat terus berusaha meningkatkan akses jalan menuju lokasi tambak yang ada di wilayah pesisir untuk menunjang akses pemasaran,” kata Pudjirustaty, Rabu. 

Pudjirustaty mengungkapkan potensi hasil perikanan yang ada di Kecamatan Kahayan Kuala cukup besar, baik dari hasil perikanan tambak maupun perikanan tangkap yang menjadi mata pencaharian nelayan di wilayah pesisir. 

Potensi ini harus dikelola dan kembangkan secara maksimal, agar para nelayan dan masyarakat di kecamatan setempat benar-benar merasakan hasil dari bidang perikanan tersebut di samping komoditi lain. 

Dalam kunjungan kerja di Desa Sei Pudak Kecamatan Kahayan Kuala, Pudjirustaty meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk menginventarisasi berbagai usulan prioritas dari masyarakat, terkait dengan infrastruktur penunjang yang dibutuhkan masyarakat setempat khususnya para nelayan. 

”Paling tidak secara bertahap ada peningkatan infrastruktur yang menjadi prioritas, seperti peningkatan akses jalan menuju ke tempat penjualan ikan terdekat,” terang Pudjirustaty. 

Pudjirustaty optimis, apabila infrastruktur jalan menuju tempat penjualan ikan ini bisa ditingkatkan dan bisa dilalui dengan baik, maka perekonomian masyarakat di kecamatan setempat dapat terus meningkat. 

Baca juga: Sekda Pulpis: Optimalkan peran sekretaris OPD wujudkan keterbukaan informasi

Selain itu juga, pemerintah setempat bisa menggali potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor perikanan yang memiliki potensi cukup besar ini. 

Perwakilan nelayan tambak Desa Sei Pudak Kecamatan Kahayan Kuala Haidir mengungkapkan berbagai usulan yang disampaikan oleh para nelayan dalam kunjungan kerja ini diharapkan bisa direalisasikan dan menjadi perhatian bagi pemerintah setempat. 

Adanya realisasi dan perhatian dari usulan para nelayan ini, terang Haidir, tentu menjadi motivasi bagi para nelayan tambak dan nelayan tangkap di kecamatan setempat untuk bisa lebih maksimal bergelut dalam bidang perikanan. 

Dalam kunjungan kerja Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang, ikut hadir sejumlah pimpinan dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kabupaten setempat diantaranya Bappedalitbang, Dinas Perikanan, Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pertanian. 

Baca juga: Bappenas perbarui master plan pengembangan 'food estate' Pulang Pisau

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2021