Wagub Kalteng apresiasi capaian atlet PON XX

id Pemprov kalteng, kalteng, pon papua, olahraga, kalimantan tengah

Wagub Kalteng apresiasi capaian atlet PON XX

Wagub Kalteng Edy Pratowo menyambut kedatangan atlet PON di Bandara Tjilik Riwut, Palangka Raya, Minggu (17/10/2021). (ANTARA/HO-MMC Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo menyambut kedatangan para atlet Pekan Olahraga Nasional (PON)  XX  Papua  di Bandara Tjilik Riwut, Palangka Raya, Minggu, (17/10).

"Kami dari pemerintah provinsi merasa bangga dengan pahlawan Kalteng yang telah berlaga pada PON ini," katanya Edy.

Adapun rombongan atlet PON yang tiba kali ini, yakni atlet dari cabang olahraga dayung sebanyak 28 orang, serta para pelatih dan tim official.

Cabor dayung berhasil menorehkan prestasi membanggakan bagi Kalteng, diantaranya adalah raihan dua medali emas melalui Traditional Boat Race (TBR) mix 200 meter dan TBR mix 1.000 meter.

Selain itu raihan prestasi lainnya diantaranya dari TBR 12 crew putra 1.000 meter raihan perak, TBR 12 crew putra 500 meter raihan perak, serta TBR 12 crew putra 200 meter raihan perak.

Kemudian cabor lainnya seperti catur kategori standar beregu putra meraih perak dan standar perorangan putri meraih perunggu, hingga atletik kategori 200 meter putra meraih perak.

Menurutnya dengan capaian yang ada saat ini, agar ke depan bisa menjadi tolak ukur untuk memberdayakan atlet lainnya selain dari cabang olahraga unggulan. Supaya bisa meraih prestasi serta mengharumkan nama daerah.

Disampaikannya, pemprov bersama KONI akan memberikan apresiasi atau bonus berupa uang pembinaan kepada para atlet peraih medali.

"Nanti akan kami inventarisir lebih lanjut," jelasnya yang pernah menjabat sebagai Bupati Pulang Pisau tersebut.

Sebelumnya kedatangan para atlet PON lainnya juga disambut oleh jajaran pemerintah provinsi, yakni oleh Penjabat Sekda Kalteng Nuryakin pada Sabtu (9/10) lalu.

Nuryakin menyambut kedatangan atlet PON  ke-20 Papua  terdiri dari belasan atlet, diantaranya dari cabang olahraga panahan hingga menembak.