Kemenkumham serahkan 1.000 bingkisan ke pasien Wisma Atlet

id Kemenkumham RI, Wamenkumham RI, Edward Omar Sharif Hiariej, Kalimantan Tengah, Kalteng

Kemenkumham serahkan 1.000 bingkisan ke pasien Wisma Atlet

Kemenkumham serahkan 1.000 bingkisan untuk pasien Wisma Atlet. ANTARA/HO-kanwil Kemenkumham Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI menyerahkan 1.000 bingkisan untuk pasien wisma atlet dalam rangka perayaan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Tahun 2021.

Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej melalui pernyataan tertulis yang diterima di Palangka Raya, Jumat, mengatakan bahwa pelaksanaan acara bakti sosial ini merupakan pengejawantahan dari nilai-nilai yang tertanam dalam diri seluruh Insan Pengayoman.

"Dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika yang ke-76, akan dilaksanakan bakti sosial yang dapat mencerminkan nilai Dharma Karya Dhika di dalam diri setiap insan kementerian Hukum dan HAM serta bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara," katanya.

Pada acara yang digelar Kamis lalu itu turut dihadiri langsung Sekretaris Jenderal Kemenkumham Andap Budhi Revianto, jajaran pimpinan tinggi Kemenkumham serta direksi Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Disamping itu, sebagian undangan lainnya hadir secara virtual antara lain jajaran Pimpinan Tinggi Madya, Staf Ahli Menteri, Pimpinan Tinggi Pratama, Kepala Kantor di setiap provinsi serta Kepala RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran.

Membuka kegiatan tersebut, dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis. Wakil Menteri Hukum dan HAM didampingi Sekjen serta Staf Ahli Bidang Ekonomi, Lucky Agung Binarto menyerahkan bantuan berupa APD kepada Ketua Perhimpunan Tenaga Kesehatan (Pernakes).

Tak hanya itu, bantuan berupa beasiswa juga diberikan kepada keluarga ASN Kemenkumham yang terdampak Covid-19. Pada kesempatan yang sama, pemberian bantuan secara simbolis diikuti oleh lima Unit Utama dan 19 Kantor Wilayah Kemenkumham.

Baca juga: Peringati Hari Dharma Karya Dhika, Kemenkumham bagikan 1.000 bingkisan

Pada kesempatan tersebut, Kemenkumham yang diwakili oleh Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi Ditjen Pemasyarakatan Muji Raharjo menyerahkan 1.000 paket kelengkapan adaptasi kebiasaan baru.

Penyerahan bantuan itu sebagai kepedulian dan partisipasi dari Kementerian Hukum dan HAM, pada kesempatan ini juga dilaksanakan kegiatan pembagian atau pemberian "new normal kit" berupa masker, hand sanitizer hingga peralatan makan pribadi.

Di sisi lain, Koordinator RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet, Mayjen TNI Dr Budiman menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan bakti sosial ini.

"Kami mengucapkan terima kasih atas empati dan kepedulian dari jajaran Kementerian Hukum dan HAM kepada relawan yang bekerja di Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran," katanya.

Budiman mengatakan kepedulian yang diberikan Kemenkumham sangat berarti dalam melaksanakan tugas agar terhindar dari infeksi COVID-19.

"Sementara sumbangan itu berupa alat perlindungan diri, masker, pelindung wajah, kemudian juga alat makan pribadi," katanya.

Selain penyerahan "new normal kit", bakti sosial kali ini diwujudkan dalam bentuk kegiatan Donor Darah, serta kegiatan Empati Kumham bagi keluarga pegawai yang wafat karena COVID-19 dan juga sunatan massal yang dilaksanakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM.

Baca juga: Kemenkumham Kalteng dampingi panti asuhan terkait pembinaan hukum dan HAM

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Kalteng lakukan penyuluhan hukum bagi pengendara