Legislator Gumas imbau pokdakan rutin berkomunikasi dengan PPL

id Legislator Gumas,Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Riantoe ,Legislator Gumas imbau pokdakan rutin berkomunikasi dengan PPL

Legislator Gumas imbau pokdakan rutin berkomunikasi dengan PPL

Legislator Kabupaten Gumas Riantoe. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Riantoe mengimbau kepada kelompok pembudidaya ikan (pokdakan) di wilayah setempat agar rutin berkomunikasi dengan petugas penyuluh lapangan (PPL).

“Saya imbau pokdakan rutin berkomunikasi dengan PPL, khususnya kepada pokdakan yang baru saja menerima bantuan benih dan pakan ikan,” ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Kamis.

Dia menyebut, benih ikan yang disalurkan tentunya memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru, sehingga perlu perlakuan khusus agar benih ikan tersebut bisa beradaptasi.

Agar benih ikan yang baru disalurkan bisa beradaptasi dan berkembang biak dengan baik, politisi Partai NasDem ini meminta kepada pokdakan untuk tidak ragu berkonsultasi dengan PPL.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan II yang meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya ini juga meminta kepada PPL untuk aktif membantu pokdakan dalam mengembangbiakkan benih ikan.

Baca juga: DPRD Gumas berharap perusahaan swasta bantu pembangunan rumah ibadah

Riantoe sendiri mendukung penuh budidaya ikan yang dilakukan oleh pokdakan. Salah satu bentuk dukungan yang telah diberikan adalah dengan mengalokasikan sebagian dana aspirasi miliknya untuk penyaluran benih dan pakan ikan kepada beberapa pokdakan.

“Semoga benih ikan yang sudah disalurkan dapat berkembang biak dengan baik, sehingga menjadi sumber pendapatan baru bagi pokdakan. Setidaknya pokdakan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar,” paparnya.

Sebelumnya, Kepala DPKP Gumas Hansli Gonak mengatakan, sepanjang tahun 2021, pemkab telah menyalurkan bantuan benih dan pakan ikan kepada 198 pokdakan yang tersebar di sejumlah kecamatan di wilayah setempat.

Bantuan tersebut, sambung mantan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Gumas ini, berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Alokasi Umum (DAU), dan Dana Aspirasi DPRD Gumas.

Dia menjelaskan, bantuan benih ikan yang disalurkan berjumlah 252.720 ekor dengan rincian benih lele sebanyak 86.300 ekor, patin 46.000 ekor, nila 43.000 ekor, gurame 77.420 ekor.

“Untuk pakan yang disalurkan secara keseluruhan berjumlah 27.137 kilogram, dengan rincian pakan benih 5.228 kg, pakan lanjutan size 1 sebanyak 20.109 kg, dan pakan lanjutan size 2 sebanyak 1.800 kg,” demikian Hansli.

Baca juga: Pemkab Gumas telah salurkan bantuan benih ikan kepada belasan pokdakan

Baca juga: Bupati Gumas: Pendirian BUMDes harus sesuai potensi desa

Baca juga: Legislator Gumas berharap damang baru selalu jalin koordinasi

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2021