Wabup Mura: Moderasi kunci toleransi dan kerukunan antar umat beragama

id Wabup Mura: Moderasi kunci toleransi dan kerukunan antar umat beragama, Kalteng, Kalimantan Tengah, Mura, murung raya

Wabup Mura: Moderasi kunci toleransi dan kerukunan antar umat beragama

Wakil Bupati Murung Raya, Rejikinoor menghadiri sosialisasi moderasi beragama yang dilaksanakan FKUB Murung Raya yang berlangsung di Kecamatan Sumber Barito, Rabu (3/11/2021). ANTARA/Supriadi

Puruk Cahu (ANTARA) - Wakil Bupati Murung Raya, Kalimantan Tengah, Rejikinoor mengatakan, moderasi beragama merupakan kunci terciptanya toleransi dan kerukunan antar umat beragama.

"Moderasi beragama merupakan kunci terciptanya toleransi dan kerukunan antar umat beragama dalam bingkai kehidupan bernegara," katanya saat menjadi narasumber sosialisasi moderasi beragama yang dilaksanakan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Murung Raya yang dilaksanakan di Kecamatan Sumber Barito, Rabu.

Mengedepankan moderasi beragama, dirinya meyakini akan menghasilkan cara pandang, sikap dan perilaku yang selalu mengambil jalan tengah diantara dua hal.

"Seperti kepentingan jasmani dan rohani, antara teks dan konteks, idealitas dan realitas, hak dan kewajiban, orientasi keagamaan dan orientasi kebangsaan, individu dan kepentingan dalam bermasyarakat serta masa lalu dan masa depan," jelasnya.

Ia mengatakan, meskipun sejauh ini norma-norma dalam bertoleransi antar umat beragama di Kabupaten Murung Raya cukup baik, akan tetapi sosialisasi ini penting dilaksanakan untuk menumbuhkan lagi peran para pihak terkait.

"Khususnya para tokoh agama dalam menjaga dan merawat hubungan antar agama," ucap Rejikinoor.

Rejikinoor meminta kepada FKUB yang merupakan perpanjangan tangan pemerintah, harus bisa melakukan sosialisasi peraturan perundang-undangan dan kebijakan di bidang keagamaan.

"FKUB harus menjadi mitra pemerintah, baik pusat maupun daerah. Hal itu dalam menyukseskan program-program pembangunan, sehingga FKUB bersama pemerintah serta aparat penegak hukum ikut menjaga iklim sosial yang kondusif," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Mura angkat peraih medali emas PON jadi tenaga honorer

Menurut Rejikinoor, untuk mewujudkan kerukunan hidup beragama tidak mungkin dicapai secara instan, akan tetapi harus dilakukan melalui upaya-upaya secara berkesinambungan.

Untuk itu dia menilai diperlukan komitmen bersama dari segenap pemangku kepentingan untuk terus menjaga kerukunan hidup beragama, sehingga toleransi dan kerukunan antar umat beragama berjalan dengan baik.

Acara sosialisasi moderasi beragama yang dilaksanakan FKUB Murung Raya yang berlangsung di di Kecamatan Sumber Barito tersebut dihadiri Ketua DPRD Murung Raya, Doni dan Ketua FKUB Mura H Gusti Farminansyah.

Selain itu juga dihadiri Camat Sumber Barito, Indra Wijaya serta para tokoh lintas agama Kabupaten Murung Raya dan di Kecamatan Sumber Barito.

Baca juga: Pemkab Mura tingkatkan kesiapsiagaan atasi dampak banjir