Pemprov Kalteng serahkan sarpras pendukung kepada MPA di Gumas

id Masyarakat Peduli Api ,MPA di Gumas,Pemprov Kalteng,Pemprov Kalteng serahkan sarpras pendukung kepada MPA di Gumas

Pemprov Kalteng serahkan sarpras pendukung kepada MPA di Gumas

Suasana penyerahan sarpras dari UPT-KPHP Kahayan Hulu kepada MPA Mahalang Seha Kelurahan Kuala Kurun, di Kuala Kurun, Rabu (10/11/2021). (ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi)

Kuala Kurun (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui UPT-KPHP Kahayan Hulu menyerahkan bantuan sarana dan prasarana pendukung kepada Masyarakat Peduli Api (MPA) Mahalang Seha Kelurahan Kuala Kurun, Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas.

“Sarpras pendukung yang diserahkan yakni kendaraan roda tiga dan roda dua serta perlengkapan lainnya,” ucap Kepala UPT-KPHP Kahayan Hulu Rakhmad Kurnedy saat acara pembinaan MPA di Kuala Kurun, Rabu.

Dikatakan olehnya, sarpras yang telah diserahkan tersebut hendaknya dapat digunakan untuk menunjang pelaksanaan kegiatan di lapangan, dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan secara cepat dan tepat.

Dia juga berharap sarpras yang telah diserahkan benar-benar dijaga dan dirawat dengan baik, sehingga jika terjadi karhutla maka berbagai sarpras tadi siap digunakan dan dapat berfungsi dengan baik.

Baca juga: NasDem-Hanura DPRD Gumas tekankan pentingnya kebijakan agar program berhasil

MPA Mahalang Seha Kelurahan Kuala Kurun, tutur dia, diharap lebih bersemangat dan kompak dalam berorganisasi serta selalu menjaga kesehatan, sehingga dapat mengemban tugas yakni menjaga kelurahan setempat dari karhutla.

Sementara itu, Kepala Seksi Perlindungan dan Pengamanan Hutan Apriandi mengatakan bahwa di Gumas terdapat lima MPA, yakni di Kelurahan Kuala Kurun, di Desa Batu Nyapau, Desa Kasintu, dan Kelurahan Tewah di Kecamatan Tewah, serta di Kelurahan Tumbang Marikoi Kecamatan Damang Batu.

“Hari ini bantuan sarpras diserahkan kepada MPA di Kuala Kurun dan selanjutnya bantuan sarpras yang sama juga akan diserahkan ke empat MPA lainnya, dalam waktu dekat,” paparnya.

Lebih lanjut, selain mendapat sarpras, MPA juga mendapat pembinaan, guna meningkatkan ilmu dan pengetahuan mereka, sehingga mereka bisa menjalankan tugas dengan baik di lapangan nantinya.

Bahkan, sambung dia, MPA juga mendapat pengetahuan tentang budidaya madu kelulut, yang dapat dimanfaatkan MPA untuk mengisi waktu luang, khususnya di musim hujan di mana karhutla minim terjadi.

Lainnya, Ketua MPA Mahalang Seha Kelurahan Kuala Kurun Legai menyambut baik adanya bantuan sarpras serta pembinaan yang dilakukan UPT-KPHP Kahayan Hulu kepada ke 27 orang anggota MPA.

“Bantuan sarpras ini sangat bermanfaat bagi kami untuk menjalankan tugas di lapangan. Semoga ke depan masih ada bantuan sarpras lagi, karena kami juga mengharapkan adanya mobil operasional,” demikian Legai.

Baca juga: Puluhan calon kades di Gumas lakukan deklarasi damai

Baca juga: Legislator Gumas apresiasi capaian target vaksinasi di Kecamatan Manuhing

Baca juga: Pemkab Gumas serahkan pengelolaan pasar rakyat ke kecamatan