PUPR Kalteng bersama Balai Nasional tangani jalan terendam banjir

id Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kalimantan Tengah, Shalahuddin, PUPR Kalimantan Tengah, Kalimantan Tengah, PUPR Kalteng, Kalteng, Kepal

PUPR Kalteng bersama Balai Nasional tangani jalan terendam banjir

Kepala Dinas PUPR Kalimantan Tengah Shalahuddin saat memantau ruas jalan Kasongan-Kereng Pangi, Minggu (14/11/2021). ANTARA/HO-PUPR Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kalimantan Tengah Shalahuddin mengaku, pihaknya bersama  Satuan Kerja Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Kalteng, telah memantau sekaligus saling berkoordinasi dalam mempercepat penanganan sejumlah ruas jalan di provinsi ini yang terendam banjir.

"Penanganan yang perlu lebih lebih dipercepat yakni di ruas jalan sepanjang Kasongan hingga Kereng Pangi, Kabupaten Katingan. Banjir di sepanjang jalan ini sampai membuat kendaraan susah melintas," kata Shalahuddin usai mengecek jalan-jalan terendam banjir di Katingan, Minggu.

Dari hasil pantauan itu, PUPR Kalteng dan Balai Pelaksana Jalan Nasional pun langsung melakukan berbagai langkah. Mulai dari memasang rambu atau patok batas, menyiapkan sejumlah alat berat hingga memetakan jalur jalan yang berpotensi rusak, agar dapat dilakukan penanganan usai banjir.

Shalahuddin mengatakan, dari pengalaman sebelumnya, jalan yang terendam banjir di Kasongan menuju Kereng Pangi sekitar 12 km, serta ada beberapa titik airnya deras dan dalam. Termasuk, ada juga jalan yang berpotensi rusak, sehingga harus ditangani cepat agar warga dapat melewatinya dengan aman.

"Selain di Katingan, ruas jalan yang menjadi langganan banjir juga sudah kami pantau, termasuk di jalan Bukit Rawi dan daerah sekitarnya. Itu kami lakukan untuk mempercepat penanganan, sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan baik," ucapnya.

Kepala PUPR Kalteng itu mengatakan pihaknya juga menyiapkan posko pemantauan dan penanganan, agar dapat melakukan upaya percepatan apabila diperlukan. Hal itu dilakukan karena Gubernur Kalteng Sugianto Sabran terus memantau dan meminta PUPR Kalteng, agar bergerak cepat menangani sejumlah jalan yang mengalami banjir.

"Usai pemantauan itu, kami bersama satker Balai Jalan Nasional Kalteng juga langsung melakukan rapat untuk membicarakan apa saja yang harus segera dilakukan dalam melakukan penanganan," demikian Shalahuddin.

Baca juga: Program dan kebijakan Gubernur Kalteng bantu koperasi dan UMKM bertahan

Baca juga: Gubernur harapkan Kafilah Kalteng tampil maksimal pada MTQ Korpri nasional